Tips lolos tes CPNS

Tips lolos tes CPNS

Tahun 2018 lalu saya akhirnya lolos tes CPNS di salah satu lembaga negara *lokasi kantornya di Jalan Gatot Subroto Jakarta, setelah ikut tes yang kedua kalinya di tahun 2017.

Tes yang diujikan untuk masuk sebagai CPNS, bisa saya bilang susah-susah gampang. Saya bilang susah, karena saat mengikuti tes CPNS yang pertama kali (tanpa belajar) saya mendapatkan nilai total untuk SKD 327 (masih lulus semua passing grade) tapi tidak masuk ke tahap selanjutnya. Di tes CPNS pertama ini, banyak soal yang tidak terjawab/salah jawab karena saya sendiri tidak tahu jawabannya/lupa seperti sejarah indonesia.

Lalu pada tes CPNS yang kedua kalinya, saya mempersiapkan diri dengan membaca sejarah indonesia dan mempelajari soal-soal intelegensi umum yang ada di internet dan akhirnya bisa mendapatkan nilai SKD 384. Ternyata sangat mudah. setelah itu, tes berlanjut ke tes kompetensi bidang.

Bagi yang ingin lolos tes CPNS, berikut ini tips dari saya:

1. Lebih baik mendaftar posisi yang dibutuhkannya lebih dari 1 orang – hindari posisi yang hanya dibuka untuk 1 orang.

2. Perhatikan dan pahami persyaratan-persyaratannya (dari mulai dokumen yang dibutuhkan, tes-tes yang akan dilalui.

3. Lolos Administrasi

Untuk lolos administrasi CPNS sebenarnya sangat mudah yaitu penuhi semua persyaratan yang diminta.

sebagai contoh:

apabila posisi yang dibuka analis Akuntansi, persyaratan untuk mendaftar adalah

  • (1) jurusan akuntansi
  • (2) akreditasi jurusan A
  • (3) akreditasi universita A,
  • (4) IPK minimal 3

maka kalian harus memenuhi keempat persyaratan diatas,  apabila akreditasi jurusan yang kalian punya hanya B, maka sudah pasti tidak akan lulus administrasi, mending kalian mencari posisi lain yang sesuai.

selain itu, juga perhatikan persyaratan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Upload semua dokumen sama persis dengan yang diminta, misalkan ada persyaratan foto dengan background warna biru, maka kalian harus upload foto dengan background warna biru juga. Selain itu, apabila ada diminta dokumen yang harus ditulis dengan tangan, maka kalian harus juga mengupload dokumen tersebut dengan tulisan tangan. Selain itu, perhatikan juga isi dari dokumen yang dibuat,  misalkan dipersyaratkan untuk membuat surat lamaran yang ditujukan ke Panitia Seleksi CPNS Kementerian Hukum , maka kalian juga harus membuat surat yang ditujukannya sama persis ke Panitia Seleksi CPNS Kementerian Hukum.

untuk lulus administrasi, penuhi semua persyaratan sama persis dengan yang diminta

4. Lolos tes seleksi kompetensi dasar (SKD)

Untuk lolos tes SKD pastinya butuh persiapan.

a. Tes wawasan kebangsaan butuh pengetahuan tentang sejarah bangsa dari zaman kerajaan, zaman penjajahan dari mulai portugis, belanda, jepang, perjuangan kemerdekaan, tokoh-tokoh pahlawan nasional, zamah kemerdekaan, orde lama, orde baru, reformasi, hingga paling update kondisi sekarang, kondisi sejarah dunia dari dulu sampai sekarang juga perlu kita tahu, selain itu kita juga harus tahu tentang UUD semua pasal dari 1 sampai yang terkahir , UU  dan peraturan pemerintah serta tap mpr dari jaman dulu sampai sekarang.

Nah supaya mendapatkan nilai wawasan kebangsaan yang bagus, kalian HARUS menghapalkan semua itu. Saya sendiri bisa dibilang sampai hafal UUD dari pasal 1  sampai terakhir dan sejarah bangsa indonesia.

Intinya adalah pelajari dan hafalkan semua tentang sejarah bangsa

b. Tes Intelegensi Umum, bisa dibilang merupakan tes yang mudah-mudah sulit dan mudah.  Tes SKD untuk tipe TIU ini jenis soalnya sebagian besar selalu sama mulai dari hitungan deret, soal cerita yang menyuruh kita untuk mengurutkan, kemampuan verbal dan beberapa soal matematika dasar yang lain seperti akar, perbandingan, bangun ruang dan lainnya.

Tips untuk tes ini adalah banyak latihan mengerjakan soal, karena akan membantu kita mempercepat untuk memahami setiap soal. Saya sendiri, kemarin fokus belajar untuk soal deret karena selain jumlah soal yang keluar cukup banyak dan pasti muncul, soal deret sebenarnya dibuat sangat mudah dari pada soal-soal yang lain sehingga bisa menjadi lumbung nilai.

Tipsnya adalah banyak latihan soal

c. Yang ketiga adalah tes kepribadian. Untuk tes tipe ini tidak ada jawaban yang salah sehingga kita akan tetap dapat nilai dan rata-rata semua peserta pasti bisa melewati tes ini dengan baik. Biasanya jawaban terbaik adalah yang sesuai dengan nilai-nilai seorang PNS

Bisa dicari di internet, nilai-nilai seorang PNS

5. Lolos Seleksi Kompetensi Bidang

Tes seleksi kompetensi bidang biasanya berbeda-beda dari setiap kementerian ataupun lembaga yang membuka lowongan cpns. Tapi secara  rata-rata dibagi menjadi  tes bidang sesuai posisi , psikotes dan wawancara terkadang ada tes bahasa inggris sendiri dan tes kesehatan / fisik.

Untuk tes bidang yang sesuai posisi mau gak mau kita harus mencari tahu tentang seluk beluk dari posisi yang kita lamar dan juga kementeriannya, misalnya kita melamar posisi analis kepegawaian di BKN , maka kita perlu mencari tahu tentang tugas pokok dari kepegawaian di BKN dan juga jangan lupa mencari tahu tentang seluk beluk kementerian/lembaga yang kita mau.

apabila ada tes fisik dan kalian tidak memiliki fisik yang bugar, sebaiknya dari awal tidak memilih posisi ini.

6. Tips terakhir yang perlu dilakukan untuk lulus tes CPNS adalah dengan berdoa – mendekatkan diri pada tuhan dan akan dimudahkan dalam setiap tahapan tes.

One comment on “Tips lolos tes CPNS

Tinggalkan Komentar