September 13, 2021

Pengalaman Sidang Karya Akhir Thesis S2

Pengalaman sidang thesis s2

Setelah menempuh perkuliahan  selama 4 semester, akhirnya sampai juga di ujung akhir dari kuliah S2 di Magister Manajemen. Untuk bisa lulus dan mendapatkan gelar MM, saya harus lulus di ujian sidang karya akhir dengan   mempertahankan thesis yang telah dibuat.

Pengalaman sidang thesis s2

Pengalaman kuliah S2 bisa saya bilang lebih mudah dibandingkan dengan S1 karena ujian di S2 tidak close book sehingga tidak perlu menghafal seperti waktu S1, hanya saja untuk tugas-tugasnya memang lebih banyak.  Selain tugas, yang paling sulit dari S2 adalah karya akhir yang harus dibuat. Tidak seperti skripsi, pembuatan thesis ternyata lebih ribet apalagi di FE UI banyak aturanya, dosen pembimbing selalu meminta untuk melakukan analisis yang lebih dalam sedangkan waktu satu semester itu sangat pendek, #masak harus nambah satu semester lagi, ogah!. Saya sendiri menyelesaikan thesis sekitar 4 bulan dari bulan Februari sampai Mei. Setelah selesai  ujian karya akhir dijadwalkan di bulan Juni 2016.

Hari sidangpun datang tapi  ada kejadian bodoh yang terjadi yaitu bangun kesiangan # hahaha trus panik!. Karena di bulan puasa, seperti biasanya saya selalu tidur setelah saur dan jadwal sidang saya di urutan ketiga jadi saya tidak khawatir untuk tidur lagi, cuma saya lupa kalau kampus saya ada di Salemba sedangkan saya di Depok jadi butuh waktu perjalanan cukup lama, beruntung KRL sedang tidak mengalami gangguan jadinya tidak terlambat sampai kampus. Setelah sampai di kampus Salemba, ternyata baru satu teman saya yang selesai sidang dan lulus meskipun sempat dibantai sama penguji #ahhh makin panik, dosen pengujinya ternyata susah!.

Setelah teman saya yang pertama selesai, sidang keduapun dimulai. Sidang thesis sifatnya terbuka jadinya saya bisa menonton untuk melihat karakter dari dosen penguji saat bertanya. Sekitar satu setengah jam akhirnya sidang kedua selesai dan teman saya yang kedua dinyatakan lulus juga meskipun banyak revisi.  Giliran sayapun akhirnya tiba. Ketua dosen penguji membuka sidang dan memulai. Dalam sidang ini ada dua dosen penguji dan satu dosen pembimbing. Setelah melihat karakater penguji yang menunggu presentasi selesai baru bertanya, akhirnya saya mempercepat presentasi dan selesai lebih cepat dari waktu yang diberikan.

Tanya jawabpun dimulai. Pertanyaan pertama dimulai  dari dosen penguji dua. Karena  sempat menjadi reviewer saat pra sidang, pertanyaan dosen penguji dua masih bisa saya jawab dengan mudah, selain itu beliau lebih banyak memberikan masukan untuk melengkapi kekurangan yang ada di thesis saya. Masalah muncul ketika, ketua penguji mulai bertanya dengan sebuah pertanyaan yang mematikan #hahaha langsung jatuhin mental! Meskipun belum terlalu lengkap, untungnya  saya masih bisa menjawab pertanyaan beliau dan diminta untuk melengkapi. Setelah itu, beliau lebih banyak memberikan input bahwa ada bagian dari thesis saya yang perlu dilengkapi supaya lebih sempurna lagi.

sidang thesis

Sekitar satu setengah jam, sidangpun selesai dan akhirnya saya dinyatakan lulus dengan nilai yang memuaskan, meskipun masih ada  revisi yang lumayan banyak #huff!.