September 14, 2021

Pengalaman sehari mendaki Gunung Bongkok Purwakarta

Gunung Bongkok bisa dibilang hanya seperti bukit dengan ketinggian sekitar kurang dari 1000 mdpl. Meskipun begitu, sensasi mendaki gunung Bongkok ini tidak kalah menantang jika dibandingkan dengan mendaki gunung yg lebih tinggi. 

Gunung yang berlokasi di Purwakarta ini, bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi liburan pendek yang dekat dengan Jakarta atau buat para pendaki yang lagi kangen mendaki gunung tapi tak punya waktu panjang.

Saat liburan natal kemarin, saya dan beberapa teman menuju ke Purwakarta dengan kendaraan pribadi. Tak butuh waktu lama, dari Jakarta ke Puwakarta kurang lebih 2 jam perjalanan melalui tol dan tambahan sekitar 1,5 jam menuju lokasi pendakian Gunung Bongkok yang harus melalui jalan yang kurang bagus. 

Sesampainya di lokasi pendakian, langsung mendaftar di pos dengan biaya 12 ribu per orang. Kemudian lansung tancap gas untuk mendaki. 

Dalam pikiran, pendakian akan  mudah, karena “katanya”mendaki Gunung Bongkok bisa dilakukan dengan mudah oleh pemula dan hanya butuh waktu 1-2 jam saja. Karena itu juga, saya sendiri tidak membawa perlengkapan mendaki, seperti sendal/sepatu gunung dan pikiran saya salah – dimanapun itu, apabila mendaki gunung selalu gunakan peralatan gunung yang layak. 

10 menit pendakian awal memang mudah sih, karena hanya melewati perkebunan milik penduduk, kemudian akan sampai pos pertama, setelah itu perjalanan akan melewati “hutan” bambu dan perjalanan sudah mulai menanjak, dibeberapa bagian, diberi tali tambang untuk membantu para pendaki. 

Setelah melewati hutan bambu, barulah tantangan sebenarnya muncul. Jalur tanjakan berbatu sampai puncak. Kalau hujan, pasti jalurnya jadi berbahaya banget apalagi saya tidak memakai peralatan gunung yang layak. Tapi untungnya sih, pengelola sudah memberi  tali tambang yang dapat digunakan untuk membantu naik.

Singkat cerita, sekitar satu setengah jam, akhirnya saya bisa mencapai puncak.  Meskipun sempet mau berheti saja hahaha. 

Oiya meskipun cerita saya tadi sepertinya mendaki gunung Bongkok itu sulit karena ada tanjakan, tapi bisa dilakukan oleh siapa saja kok bahkan banyak perempuan yang sudah sampai puncak,  karena jarak tempuhnya yang tidak terlalu jauh hanya 1-2 jam, yang terpenting memakai peralatan gunung yang layak dan tidak perlu terburu-buru.

Di gunung Bongkok, selain menjadi alternatif untuk pendakian 1 hari, bisa juga untuk kegiatan camping, tapi lokasi puncak yang gak begitu luas, jadinya hanya bisa untuk mendirikan beberapa tenda saja. Saat saya turun, saya sempat bertemu beberapa orang yang akan menginap di atas gunung. Selain itu, di atas gunung tidak ada sumber air, sebaiknya menyiapkan dari awal serta jangan membuang sampah sembarangan.