September 14, 2021

Pengalaman mencairkan BPJS Ketenagakerjaan di Depok

Setelah hampir lima bulan saya berhenti bekerja, akhirnya kemarin saya berniat mencoba mencairkan dana JHT yang ada di BPJS Ketenagakerjaan. Setelah mencari beberapa informasi di internet dan melengkapi berkas yang pernah diberikan oleh HRD perusahaan saya dulu, saya langsung menuju ke BPJS Ketenagakerjaan di Depok.

bpjs ketenagakerjaan

Sampai di kantornya , hmmm seperti yang banyak orang bilang bahwa pencairan dana JHT langsung akan memakan waktu lama karena antri. Sebelum saya antri, saya sempat bertanya kepada satpam dan untuk mengantri formulir saja bisa memakan waktu sampai 3 bulan. Mendengar perkataan satpam, saya langsung jadi males. Ternyata sebegitu lamanya mencairkan dana milik kita sendiri. Satpam juga memberi tahu jika tidak ingin mengatri yang berbulan-bulan, pihak kantor BPJS Ketenagakerjaan Depok memberikan 50 formulir yang langsung setiap hari, tapi harus ngantri dari jam setengah 5 pagi….hahaha males.

Selain itu, kesusahan mencairkan dana ini sepertinya semakin sulit dengan adanya satu syarat yaitu : surat berhenti kerja yang harus ada tembusan ke dinas tenaga kerja dan bpjs ketenagakerjaan, waduhhhhhh mana punya saya, surat yang dikasih dari kantor padahal cuma surat berhenti biasa. Akhrinya saya pulang aja dan mencoba pencairan dengan e-klaim, semoga bisa.

Update : E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan Akhirnya Ditolak

update : Contoh surat berhenti ke dinastenagakerja

Update : Akhirnya berhasil mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan