September 23, 2021

E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan Akhirnya Ditolak

Setelah beberapa hari sebelumnya saya mencoba untuk klaim langsung JHT di BPJS Ketenagakerjaan di Depok yang akhirnya tidak jadi karena antri yang panjang. (Baca juga: Klaim JHT Di BPJS Depok). Saya akhirnya mencoba untuk menggunakan layanan E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan. Setelah submit data akhirnya ada email konfirmasi yang masuk bahwa data sudah diterima dan akan diproses paling lambat satu hari kerja.

eklaim bpjs

 

Akan tetapi, setelah saya tunggu satu hari ternyata email dari BPJS tentang hasil e-klaim tidak kunjung datang. Setelah mencari beberapa info, ternyata  realitanya proses e-klaim membutuhkan waktu lebih dari satu hari, bisa berhari-hari tergantung dari banyaknya e-klaim yang masuk.

Saya sendiri baru mendapatkan balasan dari BPJS setelah tiga hari kerja dan hasilnya e-klaim ditolak karena ada syarat yang belum memenuhi yaitu “surat berhenti kerja agar ditujukan ke Sudinnakertrans setempat dan tembusan BPJS Ketenagakerjaan

eklaim bpjs ketenagakerjaan

Saya sudah yakin e-klaim saya akan ditolak karena saya memang belum memiliki surat berhenti kerja yang ditunjukan ke dinas tenaga kerja, karena tempat kerja saya yang dulu hanya memberi surat berhenti biasa (tanpa ada tembusan ke dinas tenaga kerja). Hmmm, jadi merepotkan.

Hari ini saya akan mencoba mengurus surat berhenti kerja yang ditujukan ke dinas tenaga kerja dan tembusan BPJS Ketenagakerjaan ke kantor saya yang lama, semoga saja mudah, nantikan update posting selanjutnya.

Update : Contoh surat berhenti kerja ke dinas tenaga kerja

Update : Akhirnya berhasil mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan