Yuk Mengenal Pelabuhan Kontainer

Yuk Mengenal Pelabuhan Kontainer

Pelabuhan kontainer, mungkin bagi sebagian orang tak terlalu tahu seperti apa tempat ini  tapi buat saya, pelabuhan ini adalah tempat saya setiap hari berada. Pelabuhan kontainer sendiri dibangun dan didesain memang dikhususkan bongkar muat kontainer dari dan ke kapal laut.

Skema pelabuhan kontainer pada umumnya :

skema pelabuhan kontainer

Proses kerja di pelabuhan kontainer :

 

Pada umumnya proses kerja di Pelabuhan Kontainer dimulai ketika kontainer dari luar pelabuhan datang diangkut dengan truck, kemudian truck akan menunju Container Yard, di CY, kontainer akan diturunkan dari truck menggunakan alat bongkar yang ada di CY (Alat : RTGC , RMGC, Reach Stacker atau Straddle Carrier). Setelah itu truck keluar pelabuhan.

Tahap berikutnya adalah pemuatan kontainer ke kapal laut. Ketika kapal laut yang akan membawa kontainer tersebut telah bersandar, makan kontainer akan dinaikan ke truck dengan alat bongkar yang ada di CY  (truck yang digunakan adalah truck khusus yang sudah disediakan di dalam pelabuhan) kemudian truck akan membawa kontainer   menuju Quayside untuk dimuat ke kapal menggunakan alat bongkar khusus di Quayside (CC, HMC, Crane). *Proses juga berlaku untuk sebaliknya.

 

Pelabuhan Kontainer dibagi menjadi 2, yaitu :

  1. Container Yard (CY) , fungsinya adalah sebagai tempat penumpunkan sementara kontainer yang datang dari luar pelabuhan untuk menunggu muat ke kapal, atau sebaliknya tempat penumpukan sementara kontainer yang baru dibongkar dari kapal untuk menunggu diambil truck dari luar pelabuhan.
  2. Quayside, fungsinya adalah sebagai tempat bongkar muat kontainer ke kapal laut atau sebaliknya.

Alat yang digunakan di bagian Container Yard :

*Fungsi alat ini hanya digunakan untuk bongkar muat di Container Yard, dari truck ke yard dan sebaliknya dari yard ke truck. Alat ini tidak bisa digunakan untuk bongkar kontainer di ke kapal laut.

Rubber Tyred Gantry Crane (RTGC), alat yang khusus digunakan di Container Yard, yang fungsinya bongkar muat dari truck ke container yard atau sebaliknya. Bentuknya seperti dibawah ini :

RTGC

Rail Mounted Gantry Crane (RMGC), alat ini hampir mirip dengan RTGC namun yang membedakan hanya di alat penggeraknya yang menggunakan rel , sedangkan RTGC menggunakan ban. Bentuknya seperti dibawah ini :

RMGC

Straddle Carrier , alat ini lebih mirip dengan RTGC hanya yang membedakan ukurannya lebih kecil dan bisa bergerak kemana saja dibandingkan dengan RTGC yang geraknya hanya maju dan mundur. Bentuknya seperti dibawah ini :

straddle carrier

Reach Stacker, alat ini seperti mobil tapi memiliki lengan panjang yang bisa digunakan untuk mengangkat kontainer.  Bentuknya seperti dibawah ini :

reach stacker

 

*keempat alat diatas untuk bongkar muat kontainer memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, terkadang dalam satu container yard ada beberapa jenis alat yang digunakan.

Alat-alat yang digunakan di Quayside :

*Alat-alat ini hanya digunakan untuk bongkar muat kontainer dari dermaga ke kapal laut atau sebaliknya dari kapal laut ke dermaga.

Container Crane , sebuah alat yang biasanya dimensinya paling besar yang berada di pelabuhan kontainer, mempunya lengan yang panjangnya biasanya selebar bahkan melebihi dari kapal laut. Alat geraknya menggunakan rel. Bentuknya seperti dibawah ini :

container crane

Harbor Mobile Crane (HMC) , Bentuknya seperti crane biasanya hanya saja sudah dirancang khusus supaya memiliki kecepatan bongkar muat kontainer yang tinggi jika dibandingkan dengan crane biasa. Bentuknya seperti dibawah ini :

hmc crane

Crane, alat yang sudah mulai jarang digunakan di pelabuhan kontainer karena kecepatan bongkar muat yang lambat.

Bagaimana berminat untuk bekerja di Pelabuhan Kontainer?

# foto diambil dari berbagai sumber

Tinggalkan Komentar