Wisuda UI yang kedua kalinya – rasanya masih sama!

Wisuda UI yang kedua kalinya – rasanya masih sama!

27 Agustus 2016 yang lalu, saya mengikuti wisuda UI untuk kedua kalinya. Kali ini, wisuda untuk jenjang magister (S2). Meskipun berada di jenjang yang lebih tinggi, tapi tidak ada hal yang berbeda dengan wisuda saat S1 yang dulu.

wisuda ui

Perayaan wisuda UI sebenarnya bisa dikatakan tidak terlalu sakral karena tidak seperti kampus lainnya dimana setiap mahasiswa akan diwisuda secara khusus . Sedangkan di UI, yang mendapatkan perlakukan khusus hanya yang mendapatkan nilai IPK tertinggi dari setiap fakultas. hahaha UI memang kejam, yang lainya hanya butiran penggembira.

Wisuda di UI dilakukan dua tahap yaitu gladi resik dan acara wisuda di hari H. Saat gladi resik, semua wisudawan akan mengantri satu-satu untuk bersalaman dengan rektor dan dekan. Beruntungnya fakultas saya dapat urutan yang terakhir jadi harus menunggu cukup lama #hahaha ini namanya sial.

Tahap kedua adalah hari H wisuda dimana semua wisudawan akan dikumpulkan terlebih dahulu per fakultas kemudian masuk ke dalam Balerung secara bersama sama. Di hari wisuda ini, orang tua juga diundang untuk datang. Acara berlangsung sekitar dua jam dimulai dari pembukaan hingga penutup. Di acara wisuda ini juga akan diumumkan siapa saja wisudawan yang mendapatkan nilai tertinggi dan cumlaude.

wisuda-ui-1 wisuda-ui-2 wisuda-ui-3 wisuda-ui-4

Meskipun acara wisuda UI tidak terlalu berkesan, tapi bisa merayakan kelulusan dengan teman-teman satu angkatan selalu menjadi momen tersendiri yang tak terlupakan. Semoga, nanti saya masih bisa   wisuda untuk jenjang S3.

Tinggalkan Komentar