Wisata Sejarah Kota Semarang

Wisata Sejarah Kota Semarang

Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia dan memiliki sejarah panjang dari zaman kerajaan hingga penjajahan Belanda. Sisa-sisa peninggalan masa lalu itu sekarang berubah  menjadi  tempat wisata sejarah. Berikut ini beberapa tempat di Semarang yang menjadi destinasi wisata sejarah.

lawang sewu semarang

Lawang Sewu

Lawang Sewu dibangun sekitar tahun 1903-an dan awalnya digunakan oleh pemerintahan Belanda , kemudian setelah masa kemerdekaan Lawang Sewu pernah digunakan sebagai salah satu kantor dari Kereta Api Indonesia saat itu. Seperti namanya  bangunan ini memiliki banyak sekali pintu yang saling menghubungkan antar ruangan. Selain itu, Lawang Sewu juga dikenal sebagai bangunan angker.

 

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk dianggap sebagai gereja tertua di Semarang. Di bangun sekitar tahun 1753 dengan bentuk awal seperti rumah panggung jawa, kemudian mengalami perubahan sekitar tahun 1894 menjadi bentuk yang sekarang.

Lokasi Gereja Blenduk berada di kawasan kota lama Semarang : Jl. Letjend. Suprapto No.32, Jawa Tengah 10460, Indonesia.  Sangat dekat dengan stasiun Semarang Tawang. Kita hanya perlu berjalan sekitar 10 menit.

Masjid Layur Semarang

Masjid Layur merupakan bangunan masjid kuno yang masih bertahan sampai sekarang. Dibangun sekitar tahun 1743-an. Masjid ini berlokasi di jalan layur kampung melayu.  Salah satu yang unik dari masjid layur adalah desain yang sangat mirip dengan bangunan di timur tengah.

Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng ini dibangun sekitar tahun 1724 oleh masyarakat tionghoa  untuk menghormati Laksamana Cheng Ho. Lokasi dari kelenteng Sam Poo Kong berada di : Jl. Simongan Raya No. 129, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Tinggalkan Komentar