Sejarah perkembangan Konsol Game Boy dari masa kejayaan hingga ditinggalkan

Sejarah perkembangan Konsol Game Boy  dari masa kejayaan hingga ditinggalkan

Perkembangan konsol Game Boy bisa dibilang memiliki sejarah yang sangat panjang dan memiliki arti yang penting bagi Nintendo sebagai perusahaan yang memproduksi konsol permainan ini. Nintendo sendiri mulai berdiri sejak tahun 1889 dan mulai memproduksi berbagai jenis permainan. Baru di tahun 1980, Nintendo meluncurkan produk The Game & Watch ciptaan Gunpei Yokoi sebagai game gengam pertama Nintendo.

Di tahun 1981, Gunpei dan Shigeru Miayamoto membuat sebuah game baru yang dinamakan the Donkey Kong Arcade yang kemudian pada tahun 1982 permainan ini dibuat dalam versi gengam dalam produk Game & Watch. Tujuh tahun kemudian pada tahun 1989, Nintendo mengeluarkan produk game genggam terbaru yang dinamakan Game Boy dan menjadi titik awal kesuksesan Nintendo di indutri ini selama dekade kedepan. Pada tahun yang sama, pesaing Game Boy juga muncul yaitu Atari Lynx yang dikenal sebagai konsol game genggam pertama yang menggunakan display berwarna. Hanya saja, Atari Lynx juga tidak mampu mengalahkan Game Boy. Selain Atari Lynx, Saga juga meluncurkan produk game Game Gear di tahun 1990 namun juga gagal mengalahkan Game Boy.

Game Boy terus berjaya hingga tahun 2000 meskipun masih menggunakan desain lama yang berbentuk kotak memanjang. Perubahan signifikan dari desain Game Boy baru terlihatĀ  pada tahun 2001 saat diluncurkan produk The Game Boy Advance yang menggunakan 32 bit ARM processor.

Kemudian tahun 2004, Nintendo meluncurukan produk Nintendo Ds yang menggunakan teknologi touch screen dan menggunakan dua layar dan menjadi awal perubahan konsol game gengam dari Nintendo. Di tahun 2005, Nintendo mengeluarkan versi Game Boy Micro yang bisa dibilang sebagai versi terakhir dari Game Boy.

Tahun 2006 Nintendo mengeluarkan versi terbaru dari Nintendo Ds yang berbentuk seperti iPod yang merupakan perbaikan dari produk sebelumnya. Di tahun ini pula menjadi awal keruntuhan dari kejayaan Game Boy dengan dihentikannya produksi Game Boy Micro di tahun 2007.

Tahun 2009, Nintendo mencoba kembali dengan mengeluarkan Nintendo Dsi namun perkembangan teknologi Smart Phone yang semakin canggih yang bisa memainkan berbagai macam game yang menarik membuat Nintendo kesulitan untuk meraih kesuksesan.

perkembangan game boy

Sejarah perkembangan konsol Game Boy Nintendo.

Tinggalkan Komentar