Sejarah dan fakta menarik perkembangan teknologi telepon genggam

Sejarah dan fakta menarik perkembangan teknologi telepon genggam

Perkembangan teknologi telepon genggam / hand phone / mobile phone bisa dibilang sangat cepat berubah setelah era tahun 2007 dan fakta menariknya banyak perusahaan yang saling berganti menjadi penguasa dalam industri ini. Untuk saat ini, penguasa industri telepon genggam masih dikuasai oleh Iphone dan Hand phone dengan OS Android.

Telepon genggam pertama kali muncul sekitar tahun 1973 oleh Martin Cooper, seorang inventor dari Motorola yang kemudian di tahun 1983 untuk pertama kalinya produk telepon genggam dijual dengan produk Motorola DynaTAC 8000X dengan harga jual mencapai 3995 $ (atau kira-kira setara dengan 340000 $ untuk saat ini). Setelah itu, sekitar tahun 1989 Motorola mengeluarkan produk terbaru dengan nama MicroTAC 9800X dengan ukuran yang lebih kecil.

Pada tahun 1992, persaingan di industri ini dimulai dengan munculnya Nokia  yang mengeluarkan produk The Nokia 101 yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan produk Motorola. Sekitar tahun ini , Apple juga mengeluarkan produk digital assistant device sebagai langkah awal memasuki industri ini.

Persaingan sengit antara Nokia dan Motorola terjadi tahun 1992-2000 dengan berbagai produk dikeluarkan seperti Nokia 1610 (tahun 1996), Motorola D160 (tahun 1997) dan lainya. Namun, persaingan kedua perusahaan ini akhirnya dimenangkan oleh Nokia dan menjadikan Nokia sebagai pemimpin dalam industri ini.

Setelah tahun 2000, banyak perusahaan ikut bersaing dalam industri telepon genggam seperti Ericsson, Siemens dan Samsung. Meskipun semakin banyak kompetitor, Nokia masih menjadi penguasa hingga tahun 2006. Kemunculan BlackBerry di tahun 2006 dan Iphone dari Apple 2007 mulai menjatuhkan Nokia dari puncak. Kedua produk ini dengan cepat merajai industri telepon genggam dan menggeser Nokia sebagai raksasa telepon genggam. Pada masa ini juga menjadi titik awal dimulainya teknologi smart phone.

Kejayaan BlackBerry ternyata tidak bertahan lama, di tahun 2010 handphone dengan operating system Android dengan cepat menggeser produk dari BlackBlack Berry terutama produk dari Samsung. OS Android sendiri merupakan OS yang dibuat oleh Google dan pertama kali diluncurkan tahun 2009 dengan menggandeng HTC.

Tahun 2010 juga merupakan titik balik bagi Samsung memulai kesuksesan dalam bisnis telepon genggam dan menjadikan Samsung sebagai salah satu raksasa teknologi dan bersaing dengan Apple. Tahun 2011 hingga sekarang, persaingan industri telepon genggam masih dikuasai oleh Iphone dan berbagai produk HP dengan OS Android.

 

Gambar time line sejarah perkembangan teknologi telepon genggam.

Tinggalkan Komentar