Jalan & Kuliner

Satu hari traveling di Karangnyar

Akhirnya setelah sekian lama tidak punya kesempatan buat traveling, beberapa hari yang lalu saya bisa memuaskan diri menjelajah salah satu tempat yang sejak dari kecil ingin saya kunjungi. Karanganyar, sebuah kota yang berada dekat denagn kota Solo. Di Karanganyar sebenarnya terdapat banyak tempat objek wisata alam dan sejarah budaya. Namun, karena hanya traveling satu hari saja, saya cuma bisa mengunjungi tiga tempat saja.

ADVERTISING


Destinasi pertama yang saya datangi adalah Candi Sukuh. Lokasi candi ini berada di belahan utara kaki gunung lawu Karanganyar. Perjalanan ketempat ini bisa dibilang mudah kalau punya kendaraan yang kondisinya baik karena untuk menuju tempat ini kita akan melewati jalan yang menanjak cukup tinggi.

Tiket masuk ke area Candi ini cuma 7500 dan sudah buka dari pagi. Karena candi ini menghadap ke arah barat, akan lebih bagus datang di sore hari. Candi sukuh ini katanya dibuat sekitar abad 15 pas jaman hindu.

Setelah dari candi Sukuh, perjalan saya lanjutkan menuju candi Cetho, salah satu candi di Karanganyar yang masih digunakan untuk beribadah hingga saat ini. Candi Cetho berlokasi masih sama di kaki gunung Lawu belahan utara namun berada di tempat yang lebih tinggi dibandingkan candi Sukuh. Perjalan ke Candi Cetho ini akan melewati daerah berbukit yang menanjak tinggi, pastikan kendaraan kalian dalam kondisi baik.

Tiket masuk ke candi ini masih sama 7500 untuk pengunjung lokal. Selain candi cetho, di tempat ini juga terdapat candi kethek, hanya saja lokasinya masih jauh ke dalam hutan – sekitar 15 – 20 menit jalan. Jika mau ke candhi kethek, tiket masuknya cuma 3000.

Seperti halnya candi Sukuh, karena candi ini menghadap ke arah barat, akan bagus untuk datang di sore hari dan berfoto di gapuranya saat matahari mulai terbenam. Sayangnya saya sendiri datang siang hari jadinya tidak dapat panorama yang bagus.

harusnya bisa seperti foto ini :

Setelah dari candi Cetho, destinasi berikutnya adalah Air Terjun Grojogan Sewu yang berada di selatan kaki gunung Lawun. Sebelum ke grojogan sewu, saya mampir dulu makan di salah satu warung makan sop iga sapi  super enak di Karanganyar di tempatnya Rumah Makan Pecel &  Sop Buntut Ibu Ugi, di Jalang Tawangmangu.

Harganya sop  ini cuma sekitar 35 ribu, tapi rasanya mantab abis – super maknyos. Wajib dicoba kalau kalian sedang traveling ke Karanganyar.  Setelah kenyang makan, saya langsung menuju ke Grojogan Sewu. Tiket Masuknya ternyata sudah lebih mahal menjadi sekitar 17 ribuan.

Wakt yang tepat buat datang ke tempat ini sih sebenarnya pagi dan sore, cuma sore hari pas matahari bisa menyinari air terjunnya nanti akan ada pelangi yang bisa kita lihat, seperti foto yang saya ambil – cuma kameranya gak bagus.

Overall perjalanan satu hari ke Karanganyar ini sudah bisa mengobati rasa kangen untuk menjelajah tempat-tempat baru. Semoga ada kesempatan buat jalan lagi ke tempat lain.

2 Comments

Tinggalkan Komentar