Bisnis

Punya bisnis cafe / restaurant tapi sepi, coba cek 5 hal ini

cafe restaurant sepi

Jika kalian punya bisnis cafe/restaurant tapi sepi dari pengunjung  dan tidak berkembang? Ada 5 hal paling dasar yang perlu diteliti ulang supaya bisnis cafe / restaurant bisa ramai kembali.  Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

ADVERTISING


1. Produk yang dijual

Saat membuka usaha cafe atau restoran, satu hal yang harus diingat adalah produk yang dijual adalah makanan maka value / nilai paling dasar dan paling penting untuk produk makanan adalah  rasa enak. Jadi jika bisnis cafe kalian sepi, bisa jadi makanan yang dijual tidak enak atau kalah enak dengan tempat lain.

2. Harga jual

Harga jual juga menjadi faktor yang cukup penting. Harga yang mahal tapi value produk yang didapat tidak sebanding maka secara otomatis konsumen tidak akan rela untuk mengeluarkan uang untuk datang ke cafe / restaurant untuk membeli makanan.

Contoh : Starbucks bisa dibilang menjual kopinya dengan harga mahal, tapi tetap laku karena konsumen yang membeli mendapatkan value produk starbucks yang sebanding yaitu rasa kopi yang enak, tempat ngopi nyaman dan brand starbucks yang membuat citra dari konsumen naik.

3. Lokasi dari Cafe / Restaurant

Ketika membuka sebuah cafe/restaurant pemilihan lokasi ini menjadi hal penting berikutnya. Mencari tempat yang seusai dengan target market kita pastinya menjadi poin penting. Jika restauran / cafe kalian sepi padahal produknya sudah oke dan harganya sudah pas, kemungkinan besar lokasi yang diambil salah.

4. Kinerja Pegawai dan proses pelayanan di Cafe/Restaurant

Hal lain yang bisa mempengaruhi laku tidaknya sebuah restaurant adalah kinerja dari pegawai. Meskipun menjual produk makanan, tapi pegawai yang ramah pastinya akan membuat konsumen merasakan puas. Banyak konsumen yang sebal dengan pegawai cafe yang tidak cekatan dan ramah.  Terlebih lagi jika proses pelayanan yang tidak karuan, seperti makanan yang rasanya suka berubah-ubah dan harus menunggu pesanan yang lama

5.  Promosi

Hal terakhir yang bisa menyebabkan cafe / restaurant sepi dari pelanggan adalah promosi. Bisa jadi promosi yang dilakukan selama ini tidak tepat sasaran (target market) atau bisa jadi kurang promosi karena kompetitor lebih agresif dalam berpromosi.

Kelima hal diatas hanyalah garis besar saja 5 hal yang perlu dianalisa ulang jika ingin bisnis cafe / restaurant kita bisa ramai pengunjung.

 

Tinggalkan Komentar