Pilih sepatu atau sandal untuk naik gunung?

Pilih sepatu atau sandal untuk naik gunung?

Pilih sepatu atau sandal untuk naik gunung? Pertanyaan ini biasanya sering ditanyakan oleh pendaki pemula yang ingin memulai debutnya mendaki gunung. Saya sendiri juga sama, saat pertama kali mendaki gunung, saya sempat dibuat pusing apakah harus menggunakan sepatu gunung atau cukup dengan sendal gunung saja.

sepatu gunung

Setelah beberapa kali naik gunung, saya jadi tahu bahwa mendaki gunung memang lebih aman memakai sepatu gunung karena dengan memakai sepatu, seluruh kaki akan terlindungi dari bahaya luar yang bisa menyebabkan luka, seperti batu tajam, ranting pohon, duri pohon dan lainnya.  Sepatu gunung juga wajib digunakan untuk pendakian  gunung yang tinggi dan terdapat jalur pasir untuk mencapai puncak, seperti gunung Semeru, Rinjani.

Lalu apakah tidak boleh memakai sandal gunung?

Penggunaan sandal gunung masih bisa digunakan untuk pendakian gunung yang bisa ditempuh dalam beberapa jam saja. Seperti saat saya mendaki ke kawah Ijen yang jalur pendakiaannya hanya selama 2 jam.

2 comments on “Pilih sepatu atau sandal untuk naik gunung?
  1. Artikel yang sangat bagus sebagai informasi atau tips untuk para penggiat naik gunung / hiking, pilihlah sepatu gunung yang tidak mesti mahal yang penting nyaman dan aman untuk kaki kita

  2. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat bagi penggiat naik gunung

Tinggalkan Komentar