Pengalaman Sidang Karya Akhir Thesis S2

Pengalaman Sidang Karya Akhir Thesis S2

Setelah menempuh perkuliahan  selama 4 semester, akhirnya sampai juga di ujung akhir dari kuliah S2 di Magister Manajemen. Untuk bisa lulus dan mendapatkan gelar MM, saya harus lulus di ujian sidang karya akhir dengan   mempertahankan thesis yang telah dibuat.

Pengalaman sidang thesis s2

Pengalaman kuliah S2 bisa saya bilang lebih mudah dibandingkan dengan S1 karena ujian di S2 tidak close book sehingga tidak perlu menghafal seperti waktu S1, hanya saja untuk tugas-tugasnya memang lebih banyak.  Selain tugas, yang paling sulit dari S2 adalah karya akhir yang harus dibuat. Tidak seperti skripsi, pembuatan thesis ternyata lebih ribet apalagi di FE UI banyak aturanya, dosen pembimbing selalu meminta untuk melakukan analisis yang lebih dalam sedangkan waktu satu semester itu sangat pendek, #masak harus nambah satu semester lagi, ogah!. Saya sendiri menyelesaikan thesis sekitar 4 bulan dari bulan Februari sampai Mei. Setelah selesai  ujian karya akhir dijadwalkan di bulan Juni 2016.

Hari sidangpun datang tapi  ada kejadian bodoh yang terjadi yaitu bangun kesiangan # hahaha trus panik!. Karena di bulan puasa, seperti biasanya saya selalu tidur setelah saur dan jadwal sidang saya di urutan ketiga jadi saya tidak khawatir untuk tidur lagi, cuma saya lupa kalau kampus saya ada di Salemba sedangkan saya di Depok jadi butuh waktu perjalanan cukup lama, beruntung KRL sedang tidak mengalami gangguan jadinya tidak terlambat sampai kampus. Setelah sampai di kampus Salemba, ternyata baru satu teman saya yang selesai sidang dan lulus meskipun sempat dibantai sama penguji #ahhh makin panik, dosen pengujinya ternyata susah!.

Setelah teman saya yang pertama selesai, sidang keduapun dimulai. Sidang thesis sifatnya terbuka jadinya saya bisa menonton untuk melihat karakter dari dosen penguji saat bertanya. Sekitar satu setengah jam akhirnya sidang kedua selesai dan teman saya yang kedua dinyatakan lulus juga meskipun banyak revisi.  Giliran sayapun akhirnya tiba. Ketua dosen penguji membuka sidang dan memulai. Dalam sidang ini ada dua dosen penguji dan satu dosen pembimbing. Setelah melihat karakater penguji yang menunggu presentasi selesai baru bertanya, akhirnya saya mempercepat presentasi dan selesai lebih cepat dari waktu yang diberikan.

Tanya jawabpun dimulai. Pertanyaan pertama dimulai  dari dosen penguji dua. Karena  sempat menjadi reviewer saat pra sidang, pertanyaan dosen penguji dua masih bisa saya jawab dengan mudah, selain itu beliau lebih banyak memberikan masukan untuk melengkapi kekurangan yang ada di thesis saya. Masalah muncul ketika, ketua penguji mulai bertanya dengan sebuah pertanyaan yang mematikan #hahaha langsung jatuhin mental! Meskipun belum terlalu lengkap, untungnya  saya masih bisa menjawab pertanyaan beliau dan diminta untuk melengkapi. Setelah itu, beliau lebih banyak memberikan input bahwa ada bagian dari thesis saya yang perlu dilengkapi supaya lebih sempurna lagi.

sidang thesis

Sekitar satu setengah jam, sidangpun selesai dan akhirnya saya dinyatakan lulus dengan nilai yang memuaskan, meskipun masih ada  revisi yang lumayan banyak #huff!.   

5 comments on “Pengalaman Sidang Karya Akhir Thesis S2
  1. Agus says:

    Bang.ane jg ambil mm ui kelas khusus.boleh share mengenai absensi lah

    • ardiyanto says:

      mengenai absensi, di MM UI ada batas maksimal kita bisa boleh bolos, cm sy lupa berapa jumlahnya (kira2 dari 8 kali pertemuan setengah semester, maksimal 2 kali bolos) dan aturannya tegas, kalau melebihi batas, kita gak bisa ikut ujian. Jadi mending datang telat daripada gak masuk , kebanyakan dosen di MM UI juga gak masalah mahasiswanya datang telat, soalnya mereka juga sadar kalau mahasiswanya kan kerja -*kecuali pas lagi presentasi tugas, harus gak boleh telat.

      nah bagiamana jika gak bisa masuk karena ada tugas kantor ke luar kota waktu lama?

      nah kalau pasa saya dulu kebijakan dari MM UI, kalau ada tugas kantor yang bikin gak bisa masuk lama, kita diperbolehkan bikin surat izin (pemberitahuan) resmi dari kantor bahwa kita gak bisa masuk krn ada tugas, dan ditandatangani petinggi kantor.

  2. ica says:

    Halo kak, selamat yaa atas kelulusannya #telat #basi. kak cerita dong ttg manajemen waktu buat kerja dan kuliah malem nya, ada pengalaman2 yg menarik nggak, terus apa tips & trick buat ngatur kuliah dan kerja gt kak, sm kalo tugas2 nya banyak gitu and youre working at the same time kapan di kerjain nya kak :)) and did you find it hard overall? Soalnya aku rencana nya mau kuliah sambil kerja jg hehe doain ya kak! (maaf ya banyak bgt nanya nya)

    • ardiyanto says:

      enaknya kuliah di MM itu ketemu temen baru yang levelnya diatas kita, manajer sampai GM. kalau kuliahnya sih capek, tugas biasanya kelompok dan individu, biasanya dikerjain *bagi-bagi tugasnya habis pulang kuliah bisa sampai jam 11 an malam, selain itu ngerjain tugasnya biasanya pas jam istirahat atau curi-curi waktu pas jam kerja, kalau bosnya enak ya beruntung bisa curi2 gak kena omel, kl bosnya gak enak ya biasanya kena tegur , kyk teman2. Selain itu paling akhir pekan, biasanya sering buat ngumpul juga buat bikin presentasi tugas
      S2 sambil kerja butuh komitmen, beberapa teman angkatan yg akhirnya mundur kebanyakan karena kerjaannya gak bisa fleksibel

  3. Friska says:

    Halo mas, kuliah mm ui harus jago ngitung ga?
    Kalo pas kuliah ada kesusahan gmn tuh mas?
    Trus bobot penilaiannya gmn?
    Apa seperti s1 yg bobot uas sama uts nya tinggi?

Tinggalkan Komentar