Museum Keraton Surakarta Hadiningrat

Museum Keraton Surakarta Hadiningrat

Dulu, saya sempat bingung kenapa ada dua nama  untuk kota Solo. Nama Surakarta dan Solo itu sendiri. Saya juga sempat berpikir mungkin Solo adalah singkatan dari Surakarta. Tapi, setelah saya mengunjungi museum keraton Surakarta tahun 2011 bersama teman. Saya menjadi tahu, ternyata Solo bukan singkatan dari Surakarta.

keraton solo

Solo sendiri berasal dari kata Sala, yang merupakan nama  sebuah desa/wilayah yang akan dijadikan sebagai pusat pemerintahan untuk kerajaan  Mataram Islam  baru. Setelah dipilih menjadi pusat pemerintahan yang  baru, desa Sala  diberi nama Surakarta Hadiningrat.

Selain sejarah kota Solo, di museum Keraton Surakarta terdapat banyak peninggalan-peninggalan bersejarah seperti senjata perang, kereta kencana, peralatan kesenian. Selain itu, di museum ini kita juga bisa langsung mengunjungi Sasana Sewaka yang merupakan sebuah pendopo besar berbentuk rumah adat Joglo di bangun sekitar abad 18 dan yang unik adalah di halaman depan Sasana Sewaka ini terdapat pasir  halus dan konon diambil dari gunung merapi dan pantai parangkusumo. Ketika masuk ke halaman ini, kita  harus melepas alas kaki yang kita pakai

Tinggalkan Komentar