Teknik fotografi untuk membuat foto treveling lebih manarik

Teknik fotografi untuk membuat foto treveling lebih manarik

Mengabadikan momen saat treveling merupakan sebuah hal wajib dan akan menyesal jika tidak dilakukan.  Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk sedikit mengenal teknik fotografi untuk  pengambilan foto atau lebih tepatnya teknik  framing foto, sehingga foto-foto yang kita hasilnya tidak hanya sebuah dokumentasi biasa tapi bisa menjadi sebuah karya yang lebih menarik.

Coba perhatikan foto dibawah ini.

sunrise bama

 

IMG_2574

Kedua foto ini, saya yang mengambil sendiri dengan kamera DSLR. Kira-kira foto mana yang lebih bagus ?

Meskipun situasi di foto pertama lebih bagus, tepat  saat matahari mulai terbit, tapi foto tersebut menjadi tidak terlalu menarik karena pengambilan foto yang salah.

Lihat garis pantainya! Garis pantai yang miring dengan frame  foto, membuat foto tersebut kehilangan momen menariknya.  Berbeda dengan foto kedua, garis pantai tidak miring dengan frame foto.

Coba perhatikan foto dibawah ini yang diambil dengan kamera HP.

Touring 2 - Tanjung Lesung

Touring 5 - Tanjung lesung

tanjung lesung beach 2

Dari tiga  foto diatas, foto mana yang lebih bagus dan menarik ?

Selain faktor garis pantai , pemilihan posisi dan sudut dalam pengambilan foto akan mempengaruhi. Foto kedua dan ketiga, diambil dengan mencoba menampilkan kondisi  pantai, sehingga saat foto tercetak, kita masih bisa melihat keindahan pantai dan pastinya muka narsis kita juga ada.

Pengambilan foto seperti diatas, di dalam fotografi disebut framing #kalau gak salah ye, soalnya bukan fotografer hahaha.  Ada banyak teknik  framing dalam fotografi, kalian bisa membaca di blog khusus fotografi.

So, jadikan foto kalian tidak hanya sebuah dokumentasi tapi juga sebuah karya yang menarik. Selamat Mencoba!

Hasil foto setelah diedit :

sunrise pantai bama

Tinggalkan Komentar