Membersihkan Debu Kamera Canon

Membersihkan Debu Kamera Canon

Beberapa hari yang lalu, ketika saya mengambil foto bulan yang masih terlihat di siang hari,  saya dikejutkan dengan penampakan titik  hitam di dalam foto tersebut.  Karena tidak yakin hanya melihat foto di kamera saja, saya membuka foto tersebut di komputer dan hasilnya setelah dilakukan pembesaran, dua titik hitam itu juga ikut membesar.

membersihkan debu kamera

 

Setelah mencari informasi di mbah google, ternyata dua titik hitam itu kemungkinan bisa disebabkan oleh debu / kotoran yan berada di dalam kamera.   Debu yang berada di kamera biasanya  bisa terlihat / muncul di foto  ketika kita memotret langit atau objek yang memiliki satu warna misalnya kerta putih  dengan f 10, 15  keatas.

Kemudian saya juga  mencari info bagaimana cara membersihkan debu kamera canon. Banyak blogger  fotografi yang mengulas  bagaimana cara membersihkan debu  kamera tapi ternyata sangat beresiko dan bisa merusak sensor kamera  jika dilakukan oleh orang yang tidak ahli.

Karena takut dengan resikonya, saya akhirnya memilih untuk membawa kamera ke tempat service resminya di  Canon Center yang berada di Mangga Dua, Jakarta.  Proses cleaning sensor kamera membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan akhirnya kamera saya terselamatkan.  Biaya yang saya keluarkan untuk cleaning sensor tidak terlalu mahal, hanya 175 ribu.

hasil setelah dibersihkan

Hasil foto setelah dibersihkan, f 18

 

 

Tinggalkan Komentar