Mau touring ke Jogja? Pilih jalur selatan atau jalur utara?

Mau touring ke Jogja? Pilih jalur selatan atau jalur utara?

Touring dengan kendaraan pribadi ke berbagai kota yang jauh merupkan aktivitas yang menyenangkan dan memiliki tantangan tersendiri.  Jika  ingin touring ke Jogja dari Jakarta, sebaiknya pilih jalur mana?

Solo touring motor jalur selatan jawa

Di pulau Jawa terdapat dua jalur utama yaitu jalur utara dan selatan Jawa. Masing-masing jalur ini memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing.  Jika memilih jalur utara dari Jakarta ke Jogja maka kita akan melewati Jakarta > Bekasi > Cikampek> Cirebon > Tegal > Pekalongan > Semarang > Ambarawa > Magelang / Salatiga > Jogja . Kelbihan jika kita melewati jalur utara ini, kondisi jalan relatif bagus dan datar karena tidak melewati pegunungan sehingga waktu lebih cepat. Namun, karena melintasi kota-kota besar biasanya macet dan kondisi ini akan menguras tenaga, selain itu cuaca panas juga akan semakin menyita tenaga.

Sedangkan jika melewati jalur selatan, maka kita akan melewati Jakarta > Bandung > lewat nagreg > Tasikmalaya > Kebumen > Jogja.  Kelebihan dari jalur selatan adalah jalur yang lebih sepi dan melewati daerah pegunungan dan pedesaan, cuaca yang lebih sejuk jika dibandingkan dengan jalur utara. Kekurangan waktu tempuh lebih panjang jika tidak mahir mengendari kendaraan karena jalanan yang berkelok-kelok, selain itu ada beberapa bagian di jalur selatan yang kurang bagus terutama jalur di Jawa Tengah antara Banjar sampai Kebumen sedangkan kondisi jalan di Jawa Barat dalam kondisi bagus.

Jadi, jika touring ke Jogja ingin cepat sampai sebaiknya lewat jalur utara, tapi jika ingin menikmati perjalanan jalur selatan adalah pilihat yang baik.

Tinggalkan Komentar