Mau Buat Blog? Pahami dahulu beberapa hal ini

Mau Buat Blog?  Pahami dahulu beberapa hal ini

Jika berencana buat blog, sebaiknya perlu paham terlebih dahulu blog itu seperti apa. Blog merupakan sebuah website yang diupdate oleh seseorang atau sekelompok kecil yang berisi tentang informasi sesuatu hal, bisa bersifat pribadi ataupun ilmu pengetahuan dan lainnya.

Nah, membuat blog sama dengan mempunyai website sendiri. Lalu buat yang tidak tahu tentang IT bagaimana caranya?

Jangan khawatir, di dunia internet, sudah banyak perusahaan yang memberikan jasa gratis untuk menyedian platfom yang bisa digunakan untuk membuat blog. Contohnya Google dengan blogspot (blogger) , ada juga WordPress  dan masih banayak lainnya. Lalu jika ingin membuat blog versi berbayar juga bisa dilakukan hanya saja kita perlu membeli domain dan hosting sendiri. Ada banyak penyedia domain dan hosting yang bisa digunakan (akan dibahas pada posting berikutnya).

Dari sekian banyak penyedia jasa blog gratis, Blogspot dan wordpress menjadi paling banyak digunakan, namun bagi yang ingin jadi profesional di bidang ini biasanya akan membuat blog versi berbayarnya sendiri. Ada kerugian dan keuntungan yang berbeda-beda dalam memilih platfom ini yang nanti akan saya bahas diposting berikutnya.

Selain platfom yang perlu kita pilih saat membuat blog, hal lain yang perlu kita tahu adalah tentang SEO (search engine optimization) , merupakan teknik yang digunakan untuk bisa  bersaing dengan blog lain sehingga bisa tampil di halaman depan mesin pencarian google. Di dalam SEO ini  ada banyak hal yang perlu kita tahu, mulai dari pemilihan nama blog kita, teknik dalam menulis dan masih banyak lainnya. Sebagai seorang blogger, kita wajib memahami tentang SEO ini supaya bisa memiliki banyak pengunjung.

Setelah itu yang perlu kita pahami adalah tentang google analytic, google webmaster. Google analytic ini fungsinya untuk melihat data pengunjung blog kita dari jenis kelamin, perangkat yang digunakan, lokasi dan lainny.  Google webmaster berguna bagi kita untuk mengetahui informasi dari blog kita yang dicrawl oleh google, kita kan mendapatkan informasi tentang keyword, adanya link error dan lainnya.

Yang terakhir namun sebenarnya bukan yang terakhir adalah research keyword untuk artikel kita. Ketika kita menulis artikel sebaiknya kita sudah menentukan keyword apa yang akan kita coba gunakan sehingga artikel kita akan muncul dengan keyword tersebut.

Sebenarnya selain hal diatas, masih banyak hal lain yang perlu kita pahami jika ingin membuat blog yang bagus dan banyak pengunjungnya.

Tinggalkan Komentar