Langkah mudah mengganti domain lama website ke domain baru

Langkah mudah mengganti domain lama website ke domain baru

Akhirnya saya mengganti nama domain website dari ardiyanto.web.id menjadi ardiyanto.id dengan beberapa pertimbanga. Awalnya sih ingin ganti nama domain dengan ardiyanto.com tapi ternyata domain ini udah dimiliki orang lain dan dijual dengan harga super mahal. Lalu saya putuskan menggunakan domain.id saja karena sekarang harga domain .id sekarang sudah lebih terjangkau.

Supaya gak kehilangan trafik pengunjung, saat mengganti domain lama website ke domain baru ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya.

A. Memindahkan semua data website lama ke website baru.

1. Masuk ke cpanel hosting, kemudian compres file website lama kemudian copy file tersebut dan masukkan ke ke hosting dari website baru. (pilih menu file manager > pilih folder website lama kemudian compress > copy file compress dan masuk ke folder website baru dan klik extract * untuk kasus saya karena satu hosting jadi bisa langsung dicopy filenya, tapi jika hostingnya berbeda maka perlu di download dan diupload)

2. Buat data base baru, masuk ke Cpanel hosting kemudian klik MySQL Databases dan ikuti prosesnya sesuai urutan di gambar dibawah ini.

3. Setelah itu back up file data base lama dengan mendownloadnya lewat menu php MyAdmin di Cpanel Hosting

4. Mengupload file database lama ke database baru yang telah dibuat pada langkah no 1, tapi sebelum diupload ubah dulu file database yang sudah didownload tadi , yaitu mengganti semua tulisan dengan domain lama (untuk kasus saya domain lamanya adalah ardiyanto.web.id dengan replace menjadi ardiyanto.id) , caranya adalah buka file database lama tersebut dengan aplikasi notepad kemudian pilih menu “Replace” , setelah itu save file database lama dan upload ke database baru pada langkah no 1. Masuk ke menu phpMyAdmin lagi, kemudian pilih database baru yang telah dibuat pada tahap no 1. Setelah itu klik menu import dan upload file database.

5. Ganti settingan di wp-config.php dengan cara : masuk ke file manager kemudian masuk lagi ke folder website baru dan cari file wp-config.php kemudian pilih menu edit dan ganti :

define(‘DB_NAME’, ‘ganti dengan nama database baru’);

/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘ganti dengan nama user database baru’);

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘ganti dengan password dari database baru’);

6. Setelah proses ini selesai, website baru kita sudah aktif dan bisa diakses.

B. Melakukan redirect 301 domain website lama ke domain baru

Supaya domain website baru tidak kehilangan trafik dan pengunjung dari website lama bisa langsung menuju ke alamat website baru, maka kita perlu melakukan redirect dari domain website lama langsung ke alamat domain website baru.

Misalkan, pengunjung mengunjungi alamat website lama saya di ardiyanto.web.id , maka dengan cara ini, pengunjung akan langsung diarahkan menujut ke website baru saya di ardiyanto.id.

Cara untuk melakukan redirect 301 ini sebenarnya ada beberapa cara, tapi kali ini saya melakukan redirect dengan menambahkan setinganya di .htaccess.

1. Masuk ke cpanel hosting lama, kemudian menuju file manager dan pilih folder dari website lama

2. cari file .htaccess (jika belum terlihat, pilih menu show hidden file), kemudian lakukan edit

3. Masukkan kode ini didalam file .htaccess dan simpan, maka website lama akan secara otomatis redirect ke website baru.

kode: *ganti domainbaru.com menjadi domain baru anda

RewriteEngine On
RewriteRule ^(.*)$ http://domainbaru.com/$1 [R=301,L]

Dengan langkah ini, proses mengganti domain lama website ke domain baru selesai dan langkah berikutnya adalah melakukan setting di google webmaster.

Tinggalkan Komentar