Lagi di Semarang? Jangan lupa berpetualang ke Candi Gedong Songo

Lagi di Semarang? Jangan lupa berpetualang ke Candi Gedong Songo

Salah satu pengalaman ber-traveling yang cukup menarik beberapa hari yang lalu adalah ketika mengunjungi Candi Gedong Songo di Kabupaten Semarang. Banyak kejutan yang membuat saya surpriseee dan menjadikan petualangan ke candi ini menjadi tidak terlupakan. Petualangan saya kali ini sebenarnya  dalam rangkaian touring motor dari Solo menuju Depok.

selfie candi gedong songo

Candi Gedong Songo berlokasi di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Karena lokasinya berada di daerah Pegunungan Ungaran, untuk menuju tempat ini, kita akan melalui jalanan berkelak-kelok naik turun dan ada tanjakan tajam di depan lokasi candi sehingga pastikan kondisi kendaraan kita memiliki performa baik. Selain itu, untuk kendaraan besar seperti bus tidak bisa naik sampai depan lokasi komplek candi jadi harus diparkir di bawah dan perlu berjalan kaki cukup jauh ke komplek candinya.

Selain kondisi jalan, kejutan kedua adalah lokasi candi Gedong Songo sendiri yang ternyata berada di bukit yang letaknya saling berjauhan. Kita harus mendaki cukup jauh dan sialnya saya membawa tas yang cukup berat.   Selain berjalan kaki, sebenarnya kita bisa menyewa kuda untuk berkeliling cuma karena harganya cukup menguras kantong.

photo 2(8) bukit candi gedong songo photo 1(8)

Saat saya datang ke candi ini ternyata sedang ramai jadinya sedikit mengurangi keindahan candi. Selain itu, kurangnya kesadaran dari pengunjung dalam membuang sampah menjadikan tempat ini cukup banyak ditemui sampah di beberapa tempat.  Meskipun begitu, secara keseluruhan berpetualan ke tempat ini telah memberikan pengalaman baru buat saya.

Candi Gedong Songo 1 Candi Gedong Songo 2 Candi Gedong Songo 3 Candi Gedong Songo 4 Candi Gedong Songo 5

Meskipun disebut Candi Gedong Songo, ternyata yang saya temukan hanya sampai Gedong 5 saja, ntah sisanya berada dimana, saya tidak menemukan. Hampir satu jam saya jalan berkeliling komplek candi ini dan membuat saya lapar. Untungnya banyak warung makan dan ada menu sate kelinci yang belum pernah saya coba. Setelah puas dengan candi ini, akhirnya saya melanjutkan perjalanan menuju Semarang.

Tinggalkan Komentar