Traveling ke Gunung Batu Bogor

Traveling ke Gunung Batu Bogor

Mencari destinasi traveling yang murah dan menantang adrenalin? Sobat traveler bisa menjadikan Gunung Batu sebagai salah satu  pilihan yang layak untuk dicoba. Untuk lokasinya, Gunung Batu berada   di kawasan Jonggol, kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dari Depok menggunakan motor.

traveling gunung batu

 

Untuk rute yang bisa ditempuh :

Dari : Depok -> Juanda -> Jalan Alternatif Cibubur -> Jalan Raya Cileungsi-Jonggol ->Jalan raya Jonggol-Cariu.

Setelah memasuki jalan jonggol/cariu  nanti   akan ada desa Mengker, kemudian dipinggir kiri jalan ada Alfamart Sirna Galih (sebenarnya ada Indomart dan alfamart saling berdekatan). Beberapa meter dari alfamart ini, nanti ada sekolah dan persis di depan sekolah (seberang jalan) nanti ada jalan menuju sebuah kampung, ikuti saja jalan tersebut, kira-kira 30 menit nanti akan melewati Boarding school Nizamia Andaluia. Setelah melewati boarding school lurusa saja ikuti jalan, sekitar 15 menit nanti akan sampai di wilayah Gunung Batu.

image_16

Kalau sudah melewati pepohonan seperti foto dibawah ini, berarti posisi kita sudah dekat dengan boarding school.

gunung batu 14

Memasuki wilayah gunung batu :

gunung batu 12

Sampai dilokasi / di kaki bukit gunung, kita akan langsung dihadapkan trek yang menanjak (di tempat ini sekarang ada dua jalur awal yang bisa dilewati).  Setelah mendaki beberapa menit akan  sampai di area perkemahan. Dari area perkemahan menuju puncak,  kita akan menemui trek yang lebih terjal lagi, jadi harus ekstra hati-hati.

Sayang sekali,  perjalanan saya ke Gunung Batu kali ini tidak bisa sampai ke puncak karena  sedang ada kegiatan pengibaran bendera merah putih oleh tim panjat tebing bogor. Jadi demi alasan keamanan bersama, pendakian hanya boleh sampai di wilayah perkemahan saja. #Yah, tidak beruntung!

IMG_0593 IMG_0596 gunung batu 1 gunung batu 4

Meskipun kecewa tidak bisa sampai puncak, tapi petualangan mencari lokasi Gunung Batu ini sudah membuat saya senang. Touring menggunakan motor melewati jalan berkelok-kelok di pegunungan sangat menyenangkan. Semoga lain kali bisa ke puncak gunung.

 

Tinggalkan Komentar