Jalan panjang belajar bikin sketsa wajah

Jalan panjang belajar bikin sketsa  wajah

Ngomongin soal bikin sketsa, ternyata sudah super lama  sejak pertama kali  mulai belajar bikin sketsa wajah.  Sekitar tahun 2006 lalu,   Sketsa  yang saya buat adalah sketsa dari teman satu kuliah obm di UI. Meskipun saya sebut sketsa tapi hasilnya gak kaya sketsa dari seniman yang keren2 tapi jadinya cuma gambar kartun hahaha.

Sejak saat itu saya akhirnya saya memulai belajar untuk membuat sketsa meskipun gak mudah dan parahnya saya tipe  orang yang malas jadinya jarang berlatih. Di tahun pertama, sketsa yang saya buat masih seperti kartun.

Tahun 2007, sudah ada sedikit peningkatan jadi lebih baik meskipun gambar sketsanya  masih seperti kartun.

Tahun 2008 saya mulai belajar mengarsir yang lebih baik dan mulai meninggalkan karakter kartun menjadi lebih nyata.

Tahun 2009-2010 bisa dibilang hasil sketsa yang saya buat sudah menuju ke bentuk aslinya, mulai mirip dengan objek yang digambar. Sayangnya hasil sketsa dari tahun 2009-2010 sudah hilang entah kemana.

Tahun 2011 -2013 kemampuan bikin sketsa sudah lebih baik lagi dengan arsiran dan kemiripan dengan objek. Sedangnkan tahun 2014 hingga 2016, saya mulai belajar untuk meningkatkan hasil gambar dari mata, rambut lebih terlihat nyata dan arsiran yang lebih halus lagi.

Mungkin tahun 2017 ini kalau saya tidak malas untuk berlatih, hasil sketsa yang saya buat bisa lebil oke lagi.

 

 

Tinggalkan Komentar