Ini 4 tips sukses bisnis makanan yang perlu kamu tahu

Ini 4 tips sukses  bisnis makanan yang perlu kamu tahu

Ingin sukses menjalankan bisnis makanan,  warung atapun cafe? Berikut ini ada 4 tips sukses berbisnis makanan yang pastinya perlu  kamu tahu.

1. Produk yang dijual

Ketika ingin berbisnis  makanan ataupun membuka cafe atau sejenisnya, satu hal paling penting yang harus selalu diingat yaitu produk yang dijual adalah makanan jadi rasa adalah segalanya. Banyak pengusahaan yang  lupa untuk membuat produk makanan yang memiliki value (rasa enak) yang superior dibandingkan dengan kompetitor. Kebanyakan para pengusaha makanan sering terjebak dengan hanya fokus ke desain dari warung/cafe yang akan dibuat.

Ketika produk makanan yang kita jual itu memiliki rasa yang super enak, pastinya warung kita akan laku , contoh saja martabak orins. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis makanan, coba cek terlebih dahulu seberapa enak produk makanan kita dibandingkan dengan kompetitor. Selain itu jangan lupa juga untuk terus meningkatkan rasa enak dari produk makanan kita.

Selain rasa, membuat diversifikasi dari produk makanan juga perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memberikan variasi yang berbeda untuk konsumen kita sehingga penjualan akan lebih optimal.

2. Pemilihan Tempat

Pemilihan tempat untuk menjual produk makanan juga menjadi hal penting karena lokasi yang salah akan membuat usaha kita terhambat. Tempat yang tepat tentu saja yang sesuai dengan segmen dari konsumen kita. Contohnya kita tidak mungkin menjual makanan yang berkelas tinggi (harga mahal) ditempat yang dekat pasar tradisional.

3. Menentukan harga jual

Menentukan harga juga sering menjadi dilema bagi para pengusaha makanan. Keinginan untuk mengambil margin yang tinggi pastinya akan membuat produk makanan yang dijual akan berharga tinggi. Harga yang mahal akan membuat konsumen berpikir ulang untuk membeli produk makanan kita. Jika value yang konsumen dapat tidak sebanding dengan harga, pastinya konsumen tidak akan membeli.

Menentukan harga jual yang tepat adalah dengan menyesuaikan segmen konsumen, selain itu  value makanan (rasa enak dan lainnya)  yang tinggi akan mempermudah kita dalam menentukan harga jual karena konsumen akan dengan suka rela mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk dapat menikmati makanan yang lebih enak.

4. Melakukan promosi yang tepat

Setelah melakukan ketiga tips sebelumnya dengan benar, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan promosi yang tepat. Untuk saat ini, promosi di media sosial merupakan langkah yang paling efektif dan biayanya cukup terjangkau. Oleh karena itu kita perlu melek dengan teknologi. Kita perlu membuat website dan media sosial untuk bisnis makanan kita.

Selain itu, promosi sebenarnya tidak sebatas hanya beriklan saja tapi lebih luas lagi, silahkan baca artikel tentang promotion mix untuk memahami tentang bagaimana melakukan promosi yang tepat.

Semoga 4 tips sukses  bisnis makanan yang telah diuraikan diatas bisa membantu dalam membangun bisnis makanan.

Tinggalkan Komentar