Horee! Dana JHT dari BPJS akhirnya cair

Horee! Dana JHT dari BPJS akhirnya cair

Tulisan ini adalah cerita lengkap proses pencairan dana JHT BPJS yang baru saja dicairkan dan masuk ke rekening. Saya memulai mencairkan dana JHT ini beberapa bulan lalu. Pada awalnya saya ingin mencairkan dana JHT BPJS secara langsung di kantor cabang Depok, tapi melihat antrian yang panjang dan membutuhkan waktu antrian berbulan-bulan, saya akhirnya memutuskan mencoba pencairan dana dengan cara e-klaim.

e-klaim sukses

Pada awalnya saya bingung dengan sistem e-klaim, ditambah koneksi yang agak lambat membuat saya tidak yakin dengan e-klaim ini. Setelah berhasil melakukan e-klaim saya menunggu hasilnya  dan beberapa hari kemudian ada balasan dari BPJS yang menyatakan e-klaim saya ditolak karena tidak ada surat berhenti yang dilaporkan ke dinas tenaga kerja. lalu, saya mencari contoh surat yang dimaksud di kantor cabang BPJS Depok. Contoh surat berhenti kerja yang ditujukan ke disnaker  bisa dilihat disini.

Setelah itu, saya menghubungi kenalan saya orang HRD di kantor lama saya untuk membuatkan surat yang dimaksud. Setelah mendapatkan, saya ke kantor dinas tenaga kerja tempat kantor saya terdaftar di Tanjung Priok. Di dinas tenaga kerja disana, saya bertanya ke satpam dan ditunjukan tempat untuk melakukan pelaporan. Di sana, saya diminat untuk menyerahkan surat berhenti kerja dan surat  pengalaman kerja (asli dan fotokopi). Setelah di stempel dan di tanda-tangani, surat yang asli dikembalikan ke saya, mudah dan cepat.

Setelah itu, saya melakukan e-klaim lagi ke BPJS, tapi e-klaim saya tetap gagal karena mereka meminta juga surat pengalaman kerja. Padahal, di menu e-klaim tidak ada bagian upload untuk surat pengalaman kerja tersebut. Tak habis akal, akhirnya saya gabung dua surat dalam satu gambar : surat pengalaman kerja dan surat berhenti kerja yang dilaporkan ke dinas tenaga kerja.

Setelah itu, saya melakukan e-klaim lagi dan hanya butuh waktu satu hari e-klaim saya dibalas yang menyatakan e-klaim saya disetujui. Setelah itu, saya langsung menuju ke kantor BPJS dengan membawa semua dokumen yang diperlukan. Saat saya sampai di kantor BPJS, saya beruntung karena antrian untuk e-klaim hanya satu orang, sedangkan untuk e-klaim yang biasa mencari 50-an orang.

Setelah menyerahkan berkas, customer service bilang ke saya bahwa dana akan ditransfer sekitar 2 minggu. Tapi hanya seminggu kemudian uang sudah masuk ke rekening saya.

Pencairan dana BPJS memang butuh kesabaran dan lebih baik gunakan fasilitas e-klaim untuk mencairkan dana JHT jika tidak ingin mengantri dalam waktu yang lama.

5 comments on “Horee! Dana JHT dari BPJS akhirnya cair
  1. Anggi says:

    Halo mas. Surat pengalaman kerj itu kyk gimana ya?

Tinggalkan Komentar