E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan Akhirnya Ditolak

E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan Akhirnya Ditolak

Setelah beberapa hari sebelumnya saya mencoba untuk klaim langsung JHT di BPJS Ketenagakerjaan di Depok yang akhirnya tidak jadi karena antri yang panjang. (Baca juga: Klaim JHT Di BPJS Depok). Saya akhirnya mencoba untuk menggunakan layanan E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan. Setelah submit data akhirnya ada email konfirmasi yang masuk bahwa data sudah diterima dan akan diproses paling lambat satu hari kerja.

eklaim bpjs

 

Akan tetapi, setelah saya tunggu satu hari ternyata email dari BPJS tentang hasil e-klaim tidak kunjung datang. Setelah mencari beberapa info, ternyata  realitanya proses e-klaim membutuhkan waktu lebih dari satu hari, bisa berhari-hari tergantung dari banyaknya e-klaim yang masuk.

Saya sendiri baru mendapatkan balasan dari BPJS setelah tiga hari kerja dan hasilnya e-klaim ditolak karena ada syarat yang belum memenuhi yaitu “surat berhenti kerja agar ditujukan ke Sudinnakertrans setempat dan tembusan BPJS Ketenagakerjaan

eklaim bpjs ketenagakerjaan

Saya sudah yakin e-klaim saya akan ditolak karena saya memang belum memiliki surat berhenti kerja yang ditunjukan ke dinas tenaga kerja, karena tempat kerja saya yang dulu hanya memberi surat berhenti biasa (tanpa ada tembusan ke dinas tenaga kerja). Hmmm, jadi merepotkan.

Hari ini saya akan mencoba mengurus surat berhenti kerja yang ditujukan ke dinas tenaga kerja dan tembusan BPJS Ketenagakerjaan ke kantor saya yang lama, semoga saja mudah, nantikan update posting selanjutnya.

Update : Contoh surat berhenti kerja ke dinas tenaga kerja

Update : Akhirnya berhasil mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

29 comments on “E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan Akhirnya Ditolak
  1. Nicky says:

    saya bahkan dari bulan Mei blm mendapat balasan dr Jamsostek nya

  2. Flo says:

    Klo ditolak krn foto kk nya kurang jelas bisa reg online ulang ga? Thank u

  3. irpan says:

    Kalau sudah pernah reg kun online bpjstk bisa gak reg ulang dengan ktp yang sama tapi dengan email yg berbeda ? Soal nya saya sudah e-klaim dan berhasil rekam eklaim nya..tapi selanjutnya gak ada jawaban email dari bpjstk setelah berhari-hari, saya coba e-klaim ulang tapi tidak bisa ,maksud saya agar bisa meng eklaim ulang kembali .
    Trima kasih

  4. yulia says:

    mas anto, nama aplikasi buat e-klaim nya apa y?

  5. kelambu says:

    saya punya pengalaman sudah diterima e-klaimnya tetapi selang satu hari e-klaimnya ditolak.

  6. Nurlaili says:

    Mas saya mau nanya. Td saya dr kantor bpjs. Nah di tolak krn kg ada surat disnaker nya. Saya nanya perusahannya dia blg kg tau bikinnya gmn. Krn yg sudah2 kaga pake surat disnaker. Itu saya harus gmn. Mksh

  7. Imacikey naaution says:

    Mas saya sudah selesai proses di cabang jamsostek, data saya sudah di terima dan saya sudah dpt form kuning untuk tanda terima. Tp ada email masuk kalau klaim saya di tolak karna ada kesalahan input.
    Apakah saya harus kembali ke kantor jamsoatek nya?

  8. juli says:

    Mas saya udah eklaim dan berhasil lalu di suruh datang di tanggal yg telah di tentukan, tapi saya tidak bisa hadir. Lalu apakah eklaim saya gagal?

  9. sarah says:

    saya mengajukan e klaim dengan 2 no kpj yang berbeda akan tetapi balasan email tersebut berbeda beda yang satu menyuruh saya untung langsung datang ke bank mandiri akan tetapi untuk yang satunya saya di harus kan datang ke kantor cabang bpjs , kenapa bisa berbeda ya mas??

  10. Yanti says:

    Saya belum dpat jawaban dri eklaim sdah hampir 2 minggu

  11. Arifin says:

    Kalo surat berhenti kerja du rujuk ke disnaker lain daerah bisa gk ya bro

  12. andien says:

    kalau udh registrasi tpi blm dapet blsan email bpjs nya gimna yah…

  13. rina says:

    saya udah ngajukan seminggu yang lalu dan kemarin saya cek via aplikasi saldo sudah nol dan status klaim sedang diproses.tetapi saya cek lagi hari ini saldo saya kembali lagi dan status klaim belum diproses.itu kenapa yaa..saya jadi bingung.
    adakah teman” yg pengalaman seperti ini

  14. fathimah says:

    mas, kira2 di depok skrg masih antri dr subuh ga ya? oia saya mau klaim 2 bpjs. dan sudah tdk aktif dr tahun 2013. keluar kerja nya pun krn habis kontrak. kira2 msh perlu surat pemberhentian krj ga ya?

  15. Udh 2 bulan berhenti Kerja tapi pas mau klaim jht Status masih aktif
    Gimana banh

  16. ari yanto says:

    Saya udah ajuin eklaim bpjs bro, tapi ditolak karna masa kerja tidak sesuai itu gmna ya maksudnya ?

  17. Dwi puryanti says:

    Mas, saya udh ngajuin e-klaim tapi kok blm dpt balasan emailnya udh hampir 2 minggu, itu gmna ya,,?

  18. adi says:

    Saya sudah mengajukan eklaim pada tanggal 7 agustus 2018, dan undangan di eklaim saya harus datang tgl 17 september 2018, terlalu lama. Dan saya sudah mengajukan pembatalan eklaim saya,

    Yang jadi pertanyaan saya,

    Apa balasan dari BPJS setelah saya mengajukan pembatalan eklaim sebagai konfirmasi bahwa eklaim sudah di batalkan.

  19. admiyah says:

    Maaf mw tanya mas . .saya sudah mengajukan e-klaim Bpjs tapi email udh nggk dpke jadi nggk tw ada blsan apa nggk . .habis itu saya ganti email baru . .gimana solusinya mas

Tinggalkan Komentar