Contoh Surat Berhenti Kerja ditujukan ke Dinas Tenaga Kerja untuk Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Contoh Surat Berhenti Kerja  ditujukan ke Dinas Tenaga Kerja  untuk Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Setelah gagal melakukan e-klaim ke BPJS   dengan alasan syarat tidak lengkap, yaitu  tidak memiliki  surat berhenti kerja yang ditujukan ke dinas tenaga kerja ,akhirnya saya kembali ke kantor BPJS Depok untuk melihat contoh surat berhentinya. Di kantor BPJS Depok di pajang contoh surat yang dibutuhkan, berikut ini tampilannya :

contoh surat berhenti kerja ke dinas tenaga kerja

Sebenarnya, dari pada meminta di buatkan  surat berhenti dari kantor yang baru, ada yang bilang, surat berhenti yang sudah ada tinggal dimintakan legalisir ke dinas tenaga kerja terkait dan itu bisa digunakan untuk klaim. Tapi, karena saya kurang yakin dan selain itu, saya  cukup mengenal baik dengan HRD kantor saya yang lama, jadinya saya putuskan untuk minta dibuatkan surat berhenti kerja yang ditujukan ke dinas tenaga kerja yang baru.

Setelah ini, saya hanya perlu ke kantor dinas tenaga kerja, tapi berhubung kantornya ada di jakarta utara, mungkin baru minggu depan nanti saya kesana.  Semoga saja ngurusnya tidak merepotkan. Tunggu updatenya lagi.

Update Surat berhenti yang sudah di cap dinas tenaga kerja milik saya.

surat berhenti ke dinas tenaga kerja

 

Update : Akhirnya berhasil mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

233 comments on “Contoh Surat Berhenti Kerja ditujukan ke Dinas Tenaga Kerja untuk Klaim BPJS Ketenagakerjaan
  1. cici says:

    Mas ardi sy blh lihat srt keterangan kedisnaker tembusan bpjs pny mas..dan itu knp yg cntohnya tnd tgn disnaker dicoret bgtu

  2. Sisca says:

    Maaf Pak, sya mau tnya yang minta stempel ke disnaker itu peserta yg bersangkutan ya Pak? Sya sdh dibuatkan perusahaan srt keterangan tp tdk ada tembusan ke BPJSnya tdk apa2 ya Pak?

    • ardiyanto says:

      untuk minta cap dinas tenaga kerjanya saya kurang tahu apakah harus datang sendiri atau bisa diwakilkan, cuma pengalaman kemarin, orang dinasnya gak nanya apa-apa ke saya, cuma nyerahin suratnya trus di cap sama mereka dan selesai.

      kalau boleh tahu surat keteranganya tentang apa ya?
      kalau menurut saya sih, mending minta surat yang ditujukan ke dinas tenaga kerja bahwa kita telah berhenti kerja, takutnya suratnya nanti di tolak sama BPJSnya karena dianggap gak sesuai.

  3. kristina says:

    Dokumen2 yg harus disiapkan apa saja ya pak, mhn bantuan nya trims

    • ardiyanto says:

      syarat untuk pencairan :

      1. Karu BPJS
      2. KTP
      3. Surat pengalaman kerja / parklaring
      4. Kartu Keluarga
      5. Buku tabungan
      6. Formulir pengajuan dari BPJS (kalau lewat eklaim nanti tinggal download)

      * dengan membawa copy dan asli.

      Selain itu ada tembahan dokumen :

      1. Untuk yang resign : surat keterangan berhenti kerja yang dilaporkan ke dinas tenaga kerja setempat.
      2. yang diphk : Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan Pengadilan Hubungan Industrial.

      • gendon news says:

        Untuk point 1 mas..saya kan domisili di tangerang,perusahaan saya bekerja ada di daerah bandengan, dan sudah dpt surat keterangan resign dr perusahaan..
        Yang ingin saya tanyakan,apa bisa surat laporan ke disnakernya di buat di wilayah kabupaten tangerang?apa harus di daerah jakarta utara..tks

        • ardiyanto says:

          kalau surat berhentinya dilaporkan ke dinas tenaga kerja di wilayah lain saya tidak tahu dinas tersebut mau menandatangi dan memberi cap,Soalnya di cap dinasnyakan ada kantor wilayah dinas tenaga kerja sendiri.

          Saran sih lebih baik sesuai kantor saja, lagi pula tidak ribet kok di dinastenagakerjannya

      • Ryan says:

        Utk point ke 2 bs d jelaskan lebih spesifik maklum gagal paham
        Trs klo kita minta surat PHK dri perusahaan yg d tujukan ke Disnaker itu maksud nya surat paklaring bkn??

        • ardiyanto says:

          kalau di PHK itu ada tahapannya dan ntah itu nanti dgn kesepakatan bersama, nantinya pengusaha hanya dapat memutuskan hubungan kerja dengan pegawainya setelah memperoleh penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial (silahkan baca artikel tetang PHK) – nanti ada ketetapan dari Pengadilan Hubungan Industrial.

          Surat parklaring itu surat pengalaman kerja, beda dengan surat berhenti kerja yg ditujukan ke disnaker

      • rima says:

        Kalo yg resign gapake surat dianaker bisa ga ?

  4. galih says:

    mau tanya mas, kalo dari perusahaan brarti cm bikin suratnya, truz ke disnaker untuk minta tanda tangan dan stempel aja? kalo dari perusahaan tidak ada cap masih bisa di acc tidak ya?

    • ardiyanto says:

      iya suratnya dari perusahaan (seperti contoh) trus kita ke dinas tenaga kerja perusahaan kita terdaftar (saya dulu di dinas tenaga kerja jakarta utara krn perusahaan saya terdaftar di sana), di kantor dinas tenaga kerja tinggal bilang aja kalau mau laporin surat berhenti kerja untuk bpjs nanti ditunjukin tempatnya. (saat saya dulu diminta copy surat nya dan surat keterang kerja) nanti dua2 di stempel dan yang copy ditinggal buat arsip mereka.

      Kalau tidak ada cap saya kurang tahu, tapi kok bisa gak ada cap kalau suratnya dari perusahaan? mending dibuatkan capnya saja

  5. Julianto says:

    Kalau kartu peserta JHT nya hilang gimana mas saya masih catat nomor nya

    • ardiyanto says:

      buat surat kehilangan dari kantor polisi, trus ke kantor bpjs untuk minta kepastian apakah cukup dengan surat kehilangan atau minta dibuatkan kartu lagi.

  6. Adithia says:

    Brpa hari mas surat keterangan yg ditujukan ke disnaker mas ambil dr kantor lama mas bekerja?

  7. melly andani says:

    mas mau tanya,sy mau cairkan bpjs saya,terus hrd nanya,disnaker mana???sya mau tanya ke mas sj,itu maksud ny ap ya mas?sy tinggal di daerah ciputat.

    • ardiyanto says:

      Itu hrd perusahaan tempat kerja kamu yg nanya? Kl disnker mana harusnya disnaker tempat perusahaan terdaftar, kyk sy dulu kantor saya ada d jakarta utara,terdaftarnya disnakernya jakarta utara.

      • dawila dahilata islami says:

        mas saya mau tanya cara mendapatkan surat dari disnaker itu cara nya gimana…Saya kurang paham

        • ardiyanto says:

          surat berhenti ke dinas tenaga kerja ini dapatnya dari perusahaan tempat kita kerja, (khusus berhenti karena resign , kalo di PHK ada aturan tersendiri). Ketika kita resign dari kantor, biasanya kita dapat SK berhenti dari kantor yang menyatakan bahwa kita tdk lagi pegawai perusahaan. nah untuk klaim ke bpjs ketenagakerjaan, kita tidak bisa pakai surat berhenti ini, surat berhenti ini harus dilaporkan ke dinas tenaga kerja supaya dinas ini mengetahui bahwa kita telah berhenti kerja dengan mendapatkan stempel pengesahan dari dinas tenaga kerja.

          karena ditujukan ke dinas tenaga kerja, maka format surta berhenti dibuat berbeda (lihat contoh). Dari pengetahuan saya, tidak semua perusahaan mendapatkan sosialiasi tentang surat berhenti yang dilaporkan ke dinas tenaga kerja, sehingga kita sendiri harus aktif untuk meminta surat ini.

          Untuk mandapatkan surat ini :
          Pertama, cetak dulu contoh yang saya berikan, lalu datang ke perusahaan lama (ke hrd nya) untuk dibuatkan yang sesuai format perusahaan .
          Kedua, setelah surat jadi, bawa suratnya dan parklaring yang sudah di dapat (foto copy dahulu) lalu datang ke dinas tenaga kerja dari perusahaan terdaftar (seperti saya, perusahaan saya dulu terdaftarnya di dinas tenaga kerja jakarta utara),
          ketiga, sampai di dinas tenaga kerja, tanyata aja tempat pelaporan surat berhenti untuk klaim bpjs ketenagakerjaan, nanti ditunjukan
          Keempat, setelah dilaporkan, yang asli akan di cap dan ditandatangi oleh pimpinan dinas tenaga kerja, yg foto copy jadi arsip mereka.

  8. Raharja says:

    Mas saya kan domisili sekarang di Jatim (sesuai ktp, di Jatim Surabaya) tempat kerja terakhir di Cikarang Bekasi, nah surat tembusan dari PT. ke Disnaker tidak ada stempel nya, bisa gak ya saya pakai? kalau tidak bisa apa saya harus ke Disnaker Cikarang (sedangkan domisili saya sekarang sudah di Surabaya)? atau adakah cara lain ya mas?

    • ardiyanto says:

      Kl aturannya sih hrus d stempel sm dinas tenaga kerja yg PT kita terdaftar, kl dipaksa dipakai tergantung pegawai bpjsnya jeli atau gk, kl pengalaman sy sih bpjs pasti nolak krn mereka cari2 kekurangan dr dokumen yg kita kirim. Masih ada teman yg kerja di cikarang tidak? Kl ada minta tolong saja , gk ribet kok sebenarnya pelaporan suratnya itu di dinas tenaga kerja

      • annisa says:

        saya jg dapat surat pelaporan pengunduran diri ke disnaker dr perusahaan tp belum ada cap dr disnaker..apa harus kita sendiri yg minta ke disnaker ? apa perusahaan memang hanya membuatkan suratnya saja ya tp tdk di laporkan ke disnaker.

        • ardiyanto says:

          sepengetahuan saya, sebenarnya perusahaan melaporkan ke disnaker kalau ada pegawainya yang keluar (resign/phk) tapi format pelaporanya berbeda (*info dari orang hrd perusahaan lama saya).

          Surat ini sebenarnya syarat tambahan saja dari BPJS ketenagakerjaan untuk melengkapi syarat klaim dan pada masa awal pemberlakuan syarat ini tidak semua perusahaan tahu adanya surat berhenti yang harus dilaporkan ke disnaker krn tidak ada sosialisasi dari BPJS sendiri (pengakuan hrd peprusahaan saya yg dulu). perusahaan mbak sudah membuatkan surat berhenti ini tanpa perlu diminta berarti sudah bagus, perusahaannya update dengan aturan BPJS.

          karena sebenarnya perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk membuat surat berhenti ini, ya jadinya kita sendirilah yang minta capnya ke disnaker.

  9. eko says:

    Mz, sy td ngurus klaim bpjs ktnya kurang surat pengalaman krja dr prsushaan pdhl kmrn sy udh ke perusahaan tmpt dl sy bkrja cuma dikasih surat pengunduran diri aj yg ditujukan ke disnaker stmpat. Pertnyaanya ap bs
    Cm cap dari disnaker aj surat pengunduran dirinya mz? Soalnya perusahaan yg lma itu susah/ ga mau buatin surat pnglman krja.

    • ardiyanto says:

      harus pakai surat pengalaman kerja juga , soalny klaim sy juga dulu ditolak krn gk disertain surat pengalaman kerjanya. Coba minta lagi ke perusahaam, kl manajemen perusahaan bener harusnya dibuatin surat pengalaman kerja. coba minta ke pimpinan kamu dulu untuk dibuatin.

  10. sanjaya says:

    mas saya sudah berhenti 5 bulan,bisa di ambil gak claim bpjsnya mas…??
    tanpa paklaring dari perusahaan ,soalnya perusahaan gak mau kasih….

    • ardiyanto says:

      kalau sudah gak kerja lagi, bisa diambil.

      kalau gak ada parklaring, sepertinya akan di tolak klaimnya. Kalau boleh tahu alasan perusahaan tidak mau membuatkan apa? biasanya perusahaan yang manajemennya benar pasti akan membuatkan.
      Saran sih, sebaiknya mendatangi perusahaan lama untuk minta dibuatkan.

      • sanjaya says:

        mas ada batas waktunya gak,kalau jamsosteknya tidak di ambil?
        saya takut hilang uangnya…
        soalnya saya berhenti bulan april,tapi saya mengambilnya bulan september ini,masih bisa gak mas…lalu saya tidak membayar sampai bulan berikutnya….
        alasannya tidak mendatangi perusaaan,karena saya lagi bermasalah mas,masalah administrasi
        mas…

        • ardiyanto says:

          gak ada batas waktunya, saya kemarin setengah tahun dari resign baru saya ambil, download aplikasinya buat hp aja, bisa langsung cek saldo. kan kl berhenti kerja memang asuransi berhenti, dana kita hanya tersimpan saja di BPJSnya.

          sebaiknya masalah administrasinya di selesaikan krn tanpa surat dari perusahaan, dananya tidak bisa diambil,

          • Zulniati says:

            Pak tanya dong klu kita dh lapor mnta non aktif bpjstk tdk di gubris perusahaan kita hrs lapor disnaker ga tlong sya ingin jwban ny pak untk tindak lanjut ny pak kyak ny kita di mainin peeusahaan untk penonaktif bpjs susah bged

          • ardiyanto says:

            gak perlu, kan kl udah gak dibayar sm perusahaan iuranny bakalan gk aktif

  11. ARIFIN says:

    1. KK (kartu keluarga).
    2. E-KTP (elektronik kartu tanda penduduk).
    3. Buku Tabungan ( Nama Buku Tabungan harus sesuai dengan E-KTP).
    4. verklaring / surat pengunduran diri dari perusahaan.
    5. Surat keterangan dari Perusahaan ke DISNAKER(jika parklaring tahun 2015 keatas)
    6. Kartu BPJS/Jamsostek.

    Maaf mas saya mau nanya, yg no.5 #biarpun habis kontrak(bukan resign) apa harus ttep pake surat keterangan dari perusahaan ke disnaker?

    #trus kalo saya resign pd bulan juli 2015 itu harus pake surat keterangan dari perusahaan ke disnaker apa tidak mas?

    • ardiyanto says:

      Sepengetahuan saya yang berhenti sebelum September 2015, tidak perlu pakai surat keterangan ke dinas tenagakerja (pengertianya : kita sudah tidak bekerja dan keanggotaan BPJSnya juga sudah tidak aktif sebelum September 2015). Tapi, ada beberapa orang yang bilang, mereka yang resign sebelum september tetap di minta surat berhenti ke dinas tenaga kerja.

      Jadi saran sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke cabang BPJS yang akan dimasukkan klaimnya.

      *habis kontrak tetap perlu dilaporkan ke dinas tenaga kerja.

      • ARIFIN says:

        Trimaksih buat informasinya mas

      • Rama says:

        Mas mau tanya,,,,saya kan habis kontrak akhir 2016,bukan resign/phk apa hrs pake surat keterangan dr perusahaan itu,,,,saya msh bingung

        Masalahnya saya dlu kan kerja di batam,sekarang sudah di solo,dan saya mau klaim di solo,masa saya hrs ke batam lg minta surat keterangan itu

        Trim sblmnya

  12. Huda says:

    Untuk minta cap ke disnaker bayar tidak mas?

  13. deniro says:

    Mas saya mau tanya?yang diupload di eklaim bpjs ketenagakerjaan kan gak ada kolom buat paklaring ya?cuma ada kolom surat keterangan perusahaan ke disnaker setempat. Nah yg mau saya tanyakan adalah apakah kita tetap harus opload paklaring juga ?jadi digabung(merged) sama file surat tembusan ke disnaker?mohon pencerahannya karena saya masih bingung disitu..terima kasih sebelumnya

    • ardiyanto says:

      iya bpjs suka aneh, dulu sy eklaim dengan upload sesuai komponen yg ada di web eklaim (parklaring gk sy upload krn gk ada dikomponen upload), tapi hasilnya ditolak krn kurang syarat parklaring, dpt email penolakan spt itu, sy jd bingung, lah bagian upload parklaring aja gak ada, kok disuruh nglengkapi saat pengajuan eklaim. Lalu, sy ajukan eklaim lg dengan cara gabungin file parklaring dengan surat berhenti ke dinasker (dlm satu file gambar (jpg)) dan akhirnya eklaim saya diterima.

  14. Rendy Pratama says:

    Maaf mas..mau tanya, saya mau klaim BPJS saya karna sudah nonaktif sejak januari 2016. cuma permasalahan saya masih bekerja di perusahaan tempat saya bekerja.
    Apakah saya bisa mengajukan klaim mas karna kartu bpjs saya sudah nonaktif?

    • ardiyanto says:

      “cuma permasalahan saya masih bekerja di perusahaan tempat saya bekerja” maksudnya apa?
      kalau maksudnya sekarang masih bekerja di perusahaan baru, tidak bisa klaim, meskipun yang lama sudah non aktif. kecuali klaim untuk yang 10% dan 30% saja, itupun tergantung sudah memenuhi aturan lama waktu kepersertaan.

      • Rendy Pratama says:

        Maksudnya saya masih bekerja di perusahaan yang lama mas..maksudnya saya belum resign.
        Tapi saya cek kartu bpjs sudah nonaktif sejak desember 2015 mas..apa bpjs saya bisa di klaim mas karna posisinya saya masih bekerja di perusahaan tersebut

        • ardiyanto says:

          belum resign kok sudah non aktif? coba tanya ke HRDnya

          tetap gak bisa, karena syarat kan harus ada surat berhenti bekerja, parklaring. kalau berlum berhenti kerjakan belum dapat surat2 ini.

  15. ika nofi says:

    Kaka.. saya mau tnya.. sama punya jam sostek … risen krja 2011..
    Apa kah harus mnta cap disnaker..
    Trus 2016 saya risen..saya puny bpjs ktenagakerjaan.. dr PT yg sma.. nah skrang saya udh risend lg ..
    Pertnyaan saya ap bsa jamsostek saya cair tnpa cap disnaker??
    Trus apa mngkin bpjs saya bsa di cairin jg???

    • ardiyanto says:

      kalau yg lama seharunya gak perlu surat berhenti ke disnaker, tapi tetap tergantung dari pegawai yang memferifikasi, kl pegawainya masa bodo gt bs-bs dimintai jg, jd lebih baik ditanyakan dl ke cabang yang akan diajukan klaim.

      kalau yg 2016 harus pakai suratnya

      • Rahmat says:

        Pak ardy minta penjelasannya dong
        Kan yang dicontoh itu foldernya ada nama nomor bpjsnya ya. Tapi kok punya saya gak ada ya.!
        Apa musti minta keperusahaan untuk dibuatkan foldernya mirip kayak dicontoh?

        • ardiyanto says:

          gak harus mirip seperti contoh, sebenarnya yang penting surat berhenti yang ditujukan ke disnaker bahwa nama pegawai tersebut sudah benar2 berhenti kerja

  16. stopia ginting says:

    mas saya mau nanya,saya sudah mengundurkan diri dari perusahaan di pekanbaru dan mau mencairkan nya di bpjs di medan gimana caranya.

    • ardiyanto says:

      apakah syarat2nya sudah lengkap? seperti surat pengalaman kerja, surat berhenti yang sudah dilaporkan ke dinas tenaga kerja dan syarat lainya.

      kalau sudah lengkap, tinggal pilih cara klaimnya mau pakai eklaim atau datang langsung ke kantornya, kalau eklaim nanti di bagian pilihan kantor cabang, tinggal pilih kantor cabang yang ada di medan. Kalau klaim datang langsung ke kantor, harus datang ke kantor bpjs cabang medan.

  17. huda says:

    mas berapa lama untuk pencairan jamsostek setelah dapet email balasan untuk ngambil nomor antrian ? kalo mempunyai 3 kartu jamsostek apakah datanya tersambung dengan data kartu yang lama ? sehingga bisa cair semua kartu
    terima kasih

    • ardiyanto says:

      kalau eklaim telah disetujui, kl tidak salah ingat maksimal satu minggu kita harus datang ke kantor bpjs untuk memasukkan dokumen. antrian untuk jalur eklaim biasanya gak banyak, saya sendiri cuma menunggu satu antrian, sedangkan yang klaim biasa sekitar 60 orang antrian.

      setahu saya, kalau punya banyak kartu, datanya gak terhubung, kecuali pernah dipindahkan dari kartu lama ke kartu yang baru. Jadi kalau tidak pernah dipindahkan, untuk klaim harus dgn syarat sediri2 dan kita juga dalam kondisi tidak bekerja.

  18. Jenneta says:

    mau tanya mas barangkali tau, saya mau cairin bpjs tapi hanya dpt paklaring dr perusahaan, apa bisa ya saya langsung ke disnaker saja dengan buat surat pengunduran sendiri tanpa ttd pejabat perusahaan. saya sudah minta tapi tidak diproses.

    • ardiyanto says:

      kalau pengalaman saya sih, surat berhenti yang saya bawa ke disnaker dulu gak di cek sama petugasnya, kalau bawa surat berhenti sendiri, bisa saja di terima sama disnaker, kalau pegawainya gak teliti. kalau gagal ya, coba sekalian pakai surat yang ada kopnya dan capnya, kan mudah dibuat #cuma tahu kan resikonya.

  19. Romi says:

    Mas, alamat suku disnaker jakarta utara dimana yaa ?
    Saya nyari di google kok malah alamat kelurahan di jln alur laut, semper
    Mau urus surat itu juga
    Terimakasih sebelumnya

    • ardiyanto says:

      kalau dari jalan yos sudarso, ambil arah ke simpang semper, nanti sebelah kanan jalan sebelum simpang semper. kalau mau cari di google maps : kantor disnaker jakarta utara , nanti lokasinya yang : Jl. Plumpang Semper No.41, RT.3/RW.4, Tugu Sel., Koja, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14260

  20. arif says:

    Mau tanya, adakah kontrol bpjs u peserta yg tidak aktif lagi. Permasalahannya pihak persh tidak melaporkan karyawan yg berhenti kerja.

  21. cucu says:

    Min…tolong pendapat nya saya mau tanya berapa lama sih bpjstk membalas klaim dari saya ?padahal saya sudah coba berulang kali bahkan sekarang sudah mau 2bulan masih belum juga ada respon sama sekali…trus saya mau tanya apakah persyaratan e-klaim harus ada surat pengunduran diri?sedangkan saya tidak lampirkan hal itu…trimakasih mohon jawabn nya…

    • ardiyanto says:

      kalau pengalaman eklaim yang pernah saya lakukan (3 kali eklaim), bpjs paling lama 4 hari membalas eklaim dan memberikan keputusan eklaim diterima atau ditolak. tapi tergantung kantor cabang bpjsnya juga, kalau yang ramai biasanya lebih lama cuma biasanya sesuai standar mereka yang satu minggu kl gak salah ingat. kalau udah berbulan-bulan tidak dibalas berarti pegawainya tidak benar dalam bekerja, lebih baik ganti kantor cabang yang lain (jika memungkinkan).

      persyaratan sebenarnya sesuai dengan form yang ada di klaim, surat pengunduran diri tidak perlu, cuma pengalaman saya kemarin bpjs minta juga surat paklaring (pengalaman kerja) sedangkan di form onlinenya kan gak ada, jadi bingung mau uploadnya, akhirnya file paklaring saya gabung dengan file surat berhenti yang dilaporkan ke disnaker.

  22. Rian says:

    mas kalau KTPnya belum E-KTP boleh gak ngurus BPJSnya…????/
    Soalnya saya Baru nikah di ganti sama KTP model Lama mas…..

  23. vatma says:

    mas saya mau tanya, saya kan bekerja di tangerang mau mngurus bpjs di kmpung yaitu di pemalang.saya meminta surat keterangan perusahaan ke disnaker lewat email..dan sudah du blz tapi blm ada legalisir dr disnaker tangerang..apa itu bisa buat nyairin.ny soal.nya klw minta ke disnaker tangerang brrti saya hrus ketangerang lagi??

  24. fitri says:

    mas saya mau nanya saya sudah habis kntrak tahun 2014. rencana saya mau cairin jht saya tapi dulu saya kerja d batam tapi saya mau cairin jhtnya di depok soalnya ktp saya ktp depok.bisa gak mas minta pendapatnya ya

  25. hardi says:

    Mas saya mau tanya kan dulu saya bekerja di Cikarang Selatan Bekasi trus saya habis kntrak januari 2016 syarat2 udh lengkap tnggal surat dri perusahaan yg di tujukan ke disnaker, itu tuh suratnya di tujukan ke disnaker saya tmpt bekerja atw disnaker tmpat domisili saya(saya domisili Ciamis)

  26. hardi says:

    Ouh iya makasih mas, brrti hrus minta dlu ke pt kita bekerja ya.. Bilangnya gmna mas ke pt nya klau mau minta surat yg d tujukan ke disnaker

  27. Andhika says:

    Mas, mau tanya. Saya mau coba buat minta cap dan ttd ke disnaker jaksel hari ini. Yg mau saya tanyakan, kalo dicek di bpjs tk mobile, aplikasi di hp, kartu bpjs saya statusnya masih peserta aktif. Padahal saya sudah resign dari 31 agustus 2016. Apa bisa klaim jht nya ya? Kepesertaan kartu itu sendiri dari mei 2013. Terus, apakah paklaring utk syarat klaim jht itu harus bahasa indonesia? Kalo surat keterangan pengunduran diri ke disnaker sih bahasa indonesia. Sementara, paklaring karena dikirim dari kantor pusat di singapur (hrdnya di singapur, kalo diindonesia cuma ada contry manager yg paling tinggi, status perusahaan BHLN bukan PT) jadi pake bahasa inggris. Terima kasih atas bantuannya.

    • ardiyanto says:

      kalau masih aktif belum bisa diklaim, tapi coba tanyakan dulu kepastianya harusnya kl dah resign udah gak dibayari lagi iuranya, takutnya sih masih dilanjut dibayar iuranya belum diclose sm hr perusahaan. kalau parklaring sih setahu saya gak ada aturannya hrs bahasa indonesia, lagi pula pegawainya pasti ngerti juga bahasa inggris.

  28. Fajri says:

    Mas Ardiyanto maaf saya mau tanya, jika kondisinya saya resign dari perusahaan A bulan mei 2016 dan status bpjsnya sudah non aktif. kemudian saya bekerja di perusahaan B dibulan yang sama waktu saya resign, tapi di perusahaan B bpjs saya tidak di urus2 oleh hrdnya untuk perpanjang sampai sekarang. Sehingga sampai detik ini statusnya non aktif dari perusahaan A. Apakah bisa jika saya mencairkan BPJS saya yang telah non aktif itu? saya sudah ada surat pakelaring dari perusahaan A + surat pengunduran diri yang dilegalisir disnaker. Mohon infonya, terima kasih sebelumnya

    • ardiyanto says:

      kalau menutur aturan tetap gak boleh karena sekarang masih kerja lagi, mending tanya lagi ke perusahaan B-nya, apakah bpjs yg lama itu akan diteruskan atau dibuatkan yang baru, karena bPJS kan wajib

  29. Windy says:

    Mas mau tanya persyaratan untuk scan kk dan ktp harus yang asli? Untuk surat dari disnaker nah saya kan kerja di Jakarta Selatan klaim jht di cabang kota cimahi untuk surat disnaker nya bisa yang di bandung ga ya? Atau bisa surat pengklaring resign kantor dulu di legalisir disnaker bandung aja yah?

    • ardiyanto says:

      saya dulu juga pakai scan yang fotokopi, yang penting ada aslinya soalnya ntar dicek di kantor bpjsnya. kalau surat berhenti yang ke disnaker, sepengetahuan saya sih harus yang di wilayah kantor terdaftar, kalau kantor kerjanya di Jakarta selatan ya di disnaker jakarta selatan, sedangkan untuk pencairannya bisa di mana saja kantor cabang bpjsnya.

  30. Rahma says:

    Mas klo kurang surat dinas ketenagakerjaan bisa ga mas?

  31. andreasalfariz says:

    mas saya mau tanya,
    kartu BPJSTK saya sudah non aktif di bulan oktober 2014 lalu, apa saya masih perlu memasukan surat keterangan dari disnaker atau tidak perlu?

    mohon informasinya mas..

  32. ika melina says:

    kalo paklaringnya doang yg dibawa ke disnaker ga boleh ya? soalnya perusahaan saya ga bikinin yg dtunjukan ke disnaker cuma paklaring aja. mana jauh lagi kantorny huhu

    • ardiyanto says:

      stahu saya harus ada surat berhentinya

    • Lyna says:

      Setahu pengalaman saya, klo non aktif bpjs ketenagakerjaan nya sudah 1 tahun/lebih yg di bawa ke bpjs hanya surat paklaring saja. Cap dari disnaker itu di butuh kan jika anda mau klaim Bpjs tp masa non aktif bpjs kurang dari setahun, sehingga jika anda mau klaim bpjs jika hanya membawa paklaring saja ke BPJS tentu di tolak, tp klo non aktif sudah lebih setahun hanya membawa paklaring saja untuk klaim BPJS,tdk perlu cap disnaker.

  33. sri komariyah says:

    Saya mau tanya,,saya kn d’paklaring mngundurkn diri. Tpi tahun 2013..
    Apa perlu srat prnytaan dri prusahaan buat ke disnaker..
    Sya mnta kd prusahaan nya gak di kasih..

  34. Fandi says:

    Mau tanya ini aja mas..disnaker untuk pt sat cikokol itu dmn ya??hehe.trimskasih

  35. dede sulastri says:

    Mas maaf sya mau nanya klu mau minta cap disnaker syarat y hrs bw apa saja ..??
    Bnr hrs bw KK sama KTP asli kita ..??

    • ardiyanto says:

      kl sy dulu di cabang jakarta utara, cuma diminta surat berhenti sama parklaring aja difotocopy dua kali, cuma mending bawa aja kk sm ktp, takutnya beda cabang beda aturan.

  36. Agung lesmana says:

    Mas mau tanya . kalau ke disnaker nya itu harus sesuai dengan alamat perusahaan nya apa tidak ?
    Misalnya nih perusahaan nya ada di karawang sedangkan saya di jakarta . apa harus ke Disnaker karawang apa tidak . terimakasihh

  37. Rifa Hasanah says:

    Mas mau tanya kalo minta cap ke depnaker diwakilkan teman boleh nggak ya? Soalnya sy sedang dikampung kalo mu kejakarta lagi jauhh.. terus syarat dokumen apa saja yg harus dibawa saat minta cap ke depnaker? Trims

    • ardiyanto says:

      kalau pengalama saya dulu sih, gak ditanya apa2 ya jg gak ada kroscek identitas juga, cm datang ke kantornya, trus ngasih suratnya sama copyannya, lalu ditanda tangani, gak nyampai 5 menit prosesnya.

      Kalau syarat2 kemarin cuma minta bawa asli surat berhentinya sama parklaring, trus difotocopy

  38. siti romlah says:

    Mas kalo cuma paklaring aja yg distampel disnaker bisa gak ya?
    Soalnya saya sudah minta tp perusahaan ga membuatkan suratnya (lagi pula saya statusnya bukan resign tp habis kontrak)

  39. lutfi says:

    Mas mau tanya.saya kan punya surat pengalaman kerja 2.yang satu bpjs terdaftar di surabaya dan yang satunya terdaftar di bpjs gresik.karena kerja kontrak yang berpindah pindah dari tahun 2007 sampai 2015.untuk kartu bpjs nya sudah saya jadikan 1dengan yang lama.nah yang saya tanyakan apa saya harus meminta surat dari depnaker surabaya sendiri-dari depnaker gresik sendiri (disendirikan semua).atau cuma di gresik aja.maaf terlalu panjang kata2nya.terimakasih

  40. A.Rifai says:

    Saya dulu krj dtanggerang…saya asli pkalongan…apakah bisa saya minta tanda tangan dan stempel disnaker di pekalongn..sedangkn saya risen dr perusahaan dkota tanggerang

  41. Retha says:

    Dari depok ke disnaker jakarta utara naik apa ya mas?

    • ardiyanto says:

      enakan naik kendaraan sendiri, kalau mau naik kendaraan umum harus pindah2 , kl naik KRL bs turun di cawang trus lanjut naik busway turun di plumpang, habis itu, naik metromini ke arah simpang semper, selain itu bs juga naik bus mayasari depok-priuk, nanti tetep turun d plumpang, trus naik metromini ke sarah simpang semper, kantor disnakernya deket simpang semper

  42. Retha says:

    Oke makasih ya mas:)

  43. cici says:

    Mas nanya donk..itu cap disnakernya harus sesuai dengan disnaker tempt perusahaan terdaftar ya..klo misalnya terdaftar di jakarta selatan kita minta capnya di jakarta pusat bs gk ya mas???

  44. Andri says:

    Mas minta pencerahan,

    Kalo saya baca dari persyaratan pengambilan dana JHT (peserta yang resign dari tempat kerja) di PP 46 tahun 2015 (direvisi oleh PP 60 tahun 2015) serta Permenaker no. 19 tahun 2015 pasal 5 (2) b disebutkan ” Surat Keterangan Pengunduran Diri dari tempat peserta bekerja” tapi tidak spesifik menyebutkan “Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan ke Depnaker.

    Pertanyaannya :
    1. Apa dasarnya dari pihak BPJS harus minta Surat Keterangan Kerja dari perusahaan ke Depnaker ?
    apa ada peraturan lain yang terkait ? –> terkait ini HRD tempat saya pernah berkerja tidak tahu
    tentang surat ini.
    2. Jika Surat di point 1 sudah ada, apakah perlu minta surat keterangan kerja dari perusahaan untuk
    klaim dana JHT ? atau keduanya dilampirkan juga.

    • ardiyanto says:

      kalau aturan, coba liat disini : http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/page/peraturan/Peraturan-BPJS-Ketenagakerjaan.html , sepertinya BPJS menurunkan lagi dari aturan yang paling tinggi menjadi aturan pelaksanaanya

      tidak semua HRD tahu tentang surat berhenti yang ke disnaker ini, seperti HRD di tempat sy dulu juga kaget ada aturan surat berhenti ke disnaker – mungkin krn gk ada sosialisasi ke perusahaan dan hrdnya juga gk nyari tahu

      surat pengalaman bekerja tetap di butuhkan, nanti yang aslinya akan dicek sm petugas bpjs saat verifikasi berkas asli

      • Andri says:

        Akhirnya saya putuskan untuk minta dibuatkan “Surat Keterangan Pengunduran Diri dari Perusahaan ke Disnaker” ke HRD perusahaan lama dan ngga nyangka, ternyata mereka sama sekali tidak tahu juga mengenai surat tsb… *geleng-geleng kepala – mungkin benar belum disosialisasi ke perusahaan atau tidak mau cari tahu…

        Untung mereka cooperative (hubungan baik memang sangat diperlukan dengan departement ini… hehehe), awal Januari surat dikirim ke rumah, besoknya langsung saya lapor ke disnaker, dapat cap & stempel… (Cepet, ngga sampai 5 menit langsung dapat).

        Tinggal urusan sama BPJS-ketenagakerjaan, mudah2xan bisa cepat cair…. Amiin:)

        Sekali lagi Thank you mas atas pencerahannya…..

  45. Ismi r says:

    Maaf mas mau tanya. Kalo misalkan bikin sendiri ke disnaker bawa pakelaringnya biaa gak yaa? Soalnya dr kantor saya gak ngasih.

  46. Aditya Pratama says:

    Maaf mas.. saya mau tanya surat yang ditunjukan ke disnaker untuk diminta cap apa bisa cukup dengan surat referensi kerja. ? Terimakash

  47. Ayu Nabila says:

    Mas, saya punya surat keterangan bekerja dan SK Berhenti Kerja yang ditujukan ke Disnaker.
    Nanti kalo saya bawa suratnya ke disnaker u/legalisir, itu harus dua2nya yah mas? Trus yang saya kasi untuk mereka legalisir itu yg mana?
    Oh ia mas, kalo saya mau cairkan jamsosteknya lebih cepat itu gimana yah mas baiknya?
    Kalo berkas2nya udah lengkap, apa lebih baik saya langsung ke kantornya aja antri manual atau melakukan e-klaim di web BPJS?
    Kan ujung2nya kalo e-klaim ke BPJS saya juga mesti ke kantor cabangnya ambil nomor antrian. Trus nunggu juga pencairan dananya ke buku tabungan kurang lebih 7hari.

    Maaf yah Mas, mohon bimbingannya. Terima Kasih.

    • ardiyanto says:

      kl saya dulu, surat berhenti ke disnaker dan keterangan kerjanya di fotokopi, trus disearahin ke petugasnya, nanti yang distempel cuma yang surat berhentinya yang asli, dan surat keterangan kerjanya cuma dilihat setealh itu dikasih ke kita. foto kopinya nanti jadi arsip mereka.

      kalau pengalaman , cepetan pakai eklaim. Ayu nabila sekarang domosili dimana?
      Saya dulu pernah datang langsung ke bpjs depok jawa barat, cuma antrianya gila dan dibatasi, disana itu datang cuma buat ambil antrian untuk daftar bisa antri satu bulan

      akhirnya saya putusin pakai eklaim dan milih cabang kantor yang dijakarta yang cukup cepat pelayananya di cabang mayapada jakarta. proses eklaim buat persetujuan gak nyampe tiga hari, cuma dulu waktu ngajuin eklaim ada yang kurang jadi sempet ditolak tapi habis ditolak saya lengkapi lagi berkas yang diminta dan sehari kerja langsung di approve eklaimnya.

      Pas datang ke kantornya, ternyata antrian eklaim cuma dua orang (termasuk saya sendiri) sedangkan yang bukan eklaim sampai 50an orang. Jadi enakan pakai eklaim.

      Kalau lokasinya deket jakarta mending eklaimnya di jakarta aja. cum kalau jauh ya terpaksa di kantor kota tempat tinggal cuma biasanya eklaimya pasti ramai sih tapi tetep lebih recommended.

  48. putriipay says:

    siang mas, saya mau tnya kalo surat keterangan dari depnakernya saya hanya dikasih foto copy + scan saja dari kantor, apakah bisa tetap melakukan proses pencairan ? masalahnya kantor tetep kekeh gak bisa kasih yang asli. mohon bantuannya kak. makasih

    • ardiyanto says:

      wah repot juga, diapprove gaknya klaim tergantung ketelitian tugas bpjsnya, kalau cap sm ttd disnaker gak ribet sebenarnya, datang trus langsung distempel sm mereka, kalau yang di BPJSNya ini, mereka bener2 diverifikasi satu2 filenya.

      kalau saransih, mending kamu buat versi aslinya sendiri dari file copy/scan yg sudah didapat

  49. Fajar says:

    Mas saya kan resign, terus saya dapst surat keterangan kerja dan surat untuk pengambilan jht. Itu gimana ya ? Apa perlu ke disnaker ?

    • ardiyanto says:

      Surat untuk pengambilan jht itu bentuknya apa? Apa seperti surat berhenti ke disnaker? Kalau seperti surat berhenti ke disnaker, berarti tinggal bawa aja surat pengalaman kerja dan surat berhenti ke disnaker ke kantor disnaker buat minta cap

  50. Yusmawati says:

    Maa mau tanya kan aaya uda ke pihaj bpjs uda semua persayaratannya tapi setelg itu mbaknya bilng buat kmbali dulu karna kartunya masih aktif padahal uda g bekerja lebih dr 1 bulan. Saya berhenti kerja 20 desember 2016. Dan saya disuruh kembali pulang untuk nunggu kartunya non aktif. Setlah saya cek online memang masih non aktif dan iurn terkhir sudah terbyarkn terkhir desember 2016 dibyrkn dr pihk perusahaan tgl 17 januari 2017. Maaf mas mau tnya untuk menonaktifkan kartunya bagaimana. Saat saya ke tmpt bpjs saya juga sudah mempunyai surat pemberhentian kerja dr pihak perusahaan sudah ada cap dr disnaker dan pihk perusahaan.. apa itu bisa diajukan kembali ke pihak bpjs walaupun saya saat mengecek di bpjs online krtunya masih aktif. Maaf mohon diberi sarannya dan bantuan informasinya. Terima kasih.

    • ardiyanto says:

      Kl pencairan seharusnya satu bulan setelah resign, tp terkadang ada beberapa kasus memang masih ada yg aktif keanggotanya bs krn beberapa sebab , bs jd salah satunya keanggotaan kita belum dinonaktifkan sm HR alis masih di bayar untuk bulan berjalan, jd mending tunggu setelah dua bulan dr resign, kl syarat lengkap , bisa langsung diajukan kl keanggotaany udah non aktif

  51. Indah says:

    Maaf mas mau tanya cara taunya kalau perusahaan kita terdaftar di disnaker mananya itu gimana ya caranya?? Soalnya perusahaan tempat saya bekerja itu pusatnya di bandung. Apa saya harus minta capnya di disnaker bandung???

    • ardiyanto says:

      gak harus liat kantor pusatnya sih, cm kl cabang yg sekarang sudah punya operasional tersendiri dan terdaftar resmi tentunya sesuai dengan kantor cabangnya, kayak perusahaan saya dulu kantor pusatnya Jakarta Barat, tapi karena cabangnya d Jakarta Utara sudah resmi ya wilayahnya terdaftar di jakarta utara, paling gampang tanya HRDnya sih

  52. Joe says:

    Mas sy mw tanya kalo syarat untuk minta capnya ke disnaker harus bawa apa aja ya?? Apa cuma surat pengantar dri kantor aja apa ada fto copyan yg lainnya??

  53. Gofur says:

    Mas gimana kalau satu pt dan tiga outsourcing surat pengalaman kerja cm ada yg trakhir klu yg lainnya gak ada lag mas gak tau dimna tu org2nya..

    • ardiyanto says:

      akun bpjsnya udah di satuin belum ? atau masih sendiri2 – kalau akunnya sudah di gabung ya satu aja yang terakhir, tapi kalau akunnya sendiri2 ya dilengkapi persayaratanya

  54. rianita sjaiful says:

    saya dikasih tau sama orang bpjs tk kalo surat laporan karyawan keluar yg ke suku dinas bisa dikirim via jasa pengiriman (mis jne) dan selanjutnya, copy surat sama copy bukti pengiriman surat yg dibawa ke bpjs tk untuk dicairkan.

  55. Nanda says:

    Kak sodara saya kan keluar kerja
    Sudah sesuai prosedur resignnya
    Tp dr kantor tidak mau memberi surat referensi kerja
    Apa tetap bisa mengambil hak nya di bpjs ketenaga kerjaan??tolong di bantu kak caranya

  56. Hanifah says:

    Mas aku mau tanya nih.. Aku kn resign. Trz aku dpt praklaring dr perusahaan cuma isi nya praklaring tuh alesan berhenti d tulis mengundurkan diri. Apa tuh jg hrs k depnaker sedangkan dr perusahaan tidak kasih

    • ardiyanto says:

      paklaring kan surat keterangan pengalaman kerja selama di perusahaan,

      kalau ingin klaim jht bpjs maka kita perlu ke disnaker, bawa dokumen surat berhenti yg ditujukan ke disnaker dan surat paklaring , nah yang dimintakan stempel yg surat berhenti kerja ditujukan ke disnakernya, tapi pas minta stempel ini , disnaker juga minta copy dari paklaring

      • Josephine says:

        Kemarin saya ke Disnaker Kota Tangerang yang berada di daerah Cikokol Tgr dengan maksud meminta stempel dan cap dari Disnaker tapi petugas disana mengatakan bahwa tidak perlu lagi meminta stempel dan cap dari Disnaker untuk dibawa ke BPJS TK (saya diperlihatkan surat edaran oleh mereka) cukup dari Pihak Perusahaan melapor ke Disnaker setempat adanya pengunduran diri dari karyawan yang besangkutan.

        • Monica says:

          Berarti skrg cukup vaklaring aj kak? Yg dr disnaker ud ga dipake?

          • ardiyanto says:

            coba cek dl ke cabang yg mo di klaim apakah masih perlu suratnya, karena bpjs suka beda2 antar cabangnya

          • rully says:

            benar itu, jadi yang dibutuhkan hanya parklaring dan surat pemberitahuan yang dibuat oleh perusahaan yang ditujukan ke disnaker dan ditembuskan ke bpjs. Disnaker tidak memberikan cap, stempel, surat atau apapun itu, hanya pemberitahuan itu aja.

  57. dhea says:

    Mas saya mau cairin bpjs, surat paklaring dan berhenti kerja sudah dikasih perusahaan. Cuma untuk buku tabungan bpjs sy tidak ada. Apakah bisa mas?

  58. Darmawan says:

    Mau tanya dong mas kantor disnaker wilayah jakarta barat dimana ya ? Terus pas di kantor disnaker nya ditanya apa saja mas ?

  59. Gal says:

    Halo Mas Ardi,

    Mau tanya, surat pengalaman kerja itu bentuknya seperti apa ya? Apa penjelasan mengenai posisi dan berapa lama kita bekerja di perusahaan itu?

    Kemudian, jika surat pengalaman kerja tersebut dalam bahasa Inggris, apa bisa diajukan ke disnaker?

    Terima kasih infonya 🙂

  60. usman says:

    mas saya mau tanya kalau misal kartu bpjs nya ilang apa bisa di cairin soalnya saya udh brenti d tmpat krja..tapi nmor cetakan jamsostek sama no bpjs nya hapal apa harus buat dlu apa bisa langsung

  61. Leddi nasari says:

    Mas mw nanya ni
    Ktp says Waktu pendaftaran bpjs jakarta
    Dan sekarang ktp saya di bekasi
    Apakah bisa untuk eklaim
    Mohon penjelasannya
    Trimakasih

  62. ATIKAH says:

    mas tanya dong. kalo sy habis kontrak brarti nanti saat pengajuan eklaim pilih keterangan mengundurkan diri atau PHK?

  63. danik says:

    Mas mau nanya, kalau mau minta surat depnaker, datang ke perusahannya minta di perusahaannya bisa gak?

    • ardiyanto says:

      maksudnya surat depnaker?

      kalau surat berhenti kerja yang ditujukan ke disnaker, kita minta dibuatin ke perusahaan trus kita bawa ke disnaker untuk dimintakan stempel sebagai tanda sudah dilaporkan

  64. Citra says:

    Mas Ardiyanto

    Saya ingin menanyakan kalau saya ingin mencairkan JHT dari perusahaan lama bisa ga ya, tapi dengan status saya sekarang sudah bekerja di perusahaan baru ( Kartu lama tidak diteruskan diperusahaan baru, diperusahaan baru pakai kartu baru ).

    Kira2 bisa ga ya mas ????

  65. yono says:

    malam mas sy liat bnyak yg nanya2 tentang bpjs jawabanya sangat mantap …
    sy jg mau nanya dong mas hehe …
    gini sy mau pencairan bpjs
    lusa munkin mau ke disnaker minta surat keterangan nya ….
    yg sy mau tanya apa bisa d buati surat ke kantor disnakertrans. …
    dan 1 lagi kan sy klaim pilih cab suci di bandung …klo sy datangnya ke kantor cab lain apa bisa gak misalkan sy dtangnya ke kantor cab lodaya ….trims mohon info nya

    • ardiyanto says:

      ke disnaker itu untuk melaporkan surat berhenti kita, jadi sebelum ke disnaker, kita minta dibuatin perusahaan surat berhenti (yang isinya pemberitahuan ke disnaker bahwa kita sudah berhenti bekerja).

      kalau klaim udah masuk ke satu cabang, udah gak bisa – tapi kalau belum masuk ke cabang tertentu masih bisa lihat2 ke cabang lain. Mending pakai e-klaim aja, lebih cepat

  66. Yulia says:

    Mas ardi saya mau nanya misalkan lewat e-klaim data yang dikirim scanan fotokopi saja apa sama yg asli nya juga, mohon dijawab yyy

  67. Yulia says:

    Mas ardi misal kan pake e-klaim data yg dikirimin yang asli apa fotokopi yaa mas

  68. suryani says:

    Mas, saya juga ga dpt surat untuk disnaker dari kantor saya. Kalau konfirmasi dari CSO BPJS katanya ga perlu pakai cap disnaker jadi cuma surat yg ditujukan ke disnaker aja. Itu bnr ga mas?

    • ardiyanto says:

      kalau untuk yang sekarang saya belum update lagi, kl saya dl dapat contohnya dari BPJSnya langsung, tp kalau CSO dah bilang gt harusnya gak perlu cap, coba saja tes paka e-klaim, kalau disetujui berarti yang boleh

  69. riki says:

    mas surat yg d legalisir nya ada foto copy sama yg asli ..yg mana yg d ksh ke bpjs nya

  70. rizqi says:

    mas klaim jht bisa di cairkan di bpjs seluruh indonesia kah ya ?

  71. indah kantoli says:

    Hai mas mau tanya! suami saya mau mencairkan dana bpjs tetapi tidak ada parklaring/surat pengunduran diri dari perusahaan & Kartu BPJS. Suami saya mengambil cuti pada desember tahun lalu tetapi perusahaan melakukan pemutusan kerja secara sepihak setelah suami saya sampai rumah, perusahaan tempat suami saya kerja di papua dan rumah kami di manado, suami saya sudah menghubungi pihak perusahaan untuk meninta parklaring dan kartu bpjs tetapi perusahaan tidak mau merespon, kami kebingungan bagaimana mau mencairkan dana bpjs tersebut! kami sedang membutuhkan dana untuk persalinan saya nanti sedangkan suami saya sudah 4 bulan tidak bekerja, kami sekarang hanya mengharapkan dana bpjs tersebut! terima kasih!

  72. ihsan says:

    saya udah pnya paklaring .. apa harus ada surat pengantar juga

  73. mita says:

    mas..sy dulu kerja diperusahaan lama sejak 2010.tp kluar tidak dpt referensi krj..sudh minta tp gk dibuat buatkan.trus kerja diperusahaan baru cuma 3 bulan kluar n dpt surat referensi..kartu bpjs diperusahaan lama diteruskan perusahaan baru.itu gmn y mas..ap bisa jht ny sy ambil dgn referensi perusahaan baru yg jg sudah dibuatkn untuk ke disnaker.krn jg udah non aktif.gk minta referensi perusahaan lama kan krn susaah..nanti saldonya waktu diambil.sudah tergabung semua ya mas..terima kasih

  74. Indah Lestari says:

    Mas mau tanya kalo dari perusahaan nya surat berhenti kerjanya d kirim lewat bpjs lgsg bisa apa engga, soalnya dri perusahaan bilang surat nya dikirim lewat email lgsg k bpjs nya

  75. nanya juga ya,,

    contoh surat diatas dari bpjs tk nya kan untuk beberapa karyawan, itu berarti sya bisa buatin 1 surat untuk bbrapa karyawan yang lain. karena berhubung banyak karyawan yang di selesaikan.

  76. mansyur says:

    Mas disnaker jakarta timur dimana ya….cari google gak ktemu

  77. yoga permana says:

    Mas maaf mau tanya kalo misalnya mencairkan bpjs secara langsung datang ke tempat apakah diminta surat dari disnaker juga apa engga?

  78. eriyanto says:

    kalo seandainya tidak ada surat pengunduran diri dari perusahan ke dinasker, ada gak alternatif lain

  79. Angku Arie says:

    Administrasi nya berapa mas buat stampel dari disnaker,,
    Dan di kantor bpjs, claim nya ada admin nya berapa juga
    (krisis budget)

  80. bambang says:

    ma’af pak itu smua contoh surat yang masih berlaku ya….oh ya klo kita karyawan biasa untuk NPK nya diisi ngak ? soalnya kita ngak punya NPK nya pak …….

  81. adrian cepi says:

    permisi mas , numpang nnya , kalau pelaporan ke disnaker beda tempat apakah bisa >?
    legalisir untuk vaklaringnya lewat disnaker provinsi ?soalnya udah beda domisili ? apakah harus mendatangi kantor domisili asal ? sama tidak bisa di legalisir di disnaker beda tempat ?
    terima kasih

    • ardiyanto says:

      setahu saya harus tempat perusahaan terdaftar, minta tolong teman saja yang masih kerja di tempat lama, kalau untuk pencairan bpjsnya bisa dikantor bpjs mana saja

  82. miko angga says:

    Mas mau nanya,tadi saya ke kantor BPJS ngajuin klaim BPJS tapi syaratnya kurang surat tembusan itu ,padahal saya kan habis kontrak bukan resign..minta penjelasan nya mas.trims

  83. Azizah says:

    Mas di syarat klaim terbaru di bpjs tenaga kerja di tulis surat keterangan ke disnaker untuk karyawan resign/phk per september 2015. Itu mksdnya gmn?

  84. shandy says:

    mas mau tanya saya kan kerja di cabang perusahan di bandung dan tinggal dibandung, perusahaan utamanya di jakarta , dan saya terdaftar di disnaker jakarta,
    apakah saya bisa minta cap surat penyataan di disnaker bandung? karna BPJS saya untuk pencairan ditolak karna blm ada tembusan dari perusahaan ke disnaker bhw saya sdh berhnti bekerja

  85. Nurr says:

    Mas saya kan sudah ke bpjs tapi ditolak karna surat dari desnaker blum kluar . Apakah bisa cair setelah surat dari desnaker kluar. Sblumnya trima ksih mas.

  86. normansyah says:

    Mas ardy mau nanya ni
    Sya kan da minta surat pengunduran diri dari perushaan yang ditujukan ke disnaker,
    tapi di judulnya itu tertulis :
    KEPADA YANG TERHORMAT KEPALA DINAS TENAGA KERJA (DISNAKER),
    terus di bawah surat itu ada tertulis :
    Tembusan :
    1. Kantor Dinas Tenaga Kerja
    Terus kata HRD saya ngomongnya ini sudah tembusan dri DISNAKER jadi ga usah datang ke DISNAKER, tapi disurat itu tidak ada STAMP sma tanda tangan dri DISNAKER
    Apakah bisa untuk saratnya claim bpjs ?
    Mhon jwabanyya

    • ardiyanto says:

      kalau pengalaman saya dulu, setelah dapat surat itu, saya sendiri yang menyampaikan suratnya ke disnaker, nanti yang fotokopinya ditinggal di kantor disnakernya, yang asli di cap sama disnaker dan buat klaim.

      seharunya kalau surat udah ada tembusannya berarti ada copynya yang dikirim ke tembusan itu, cuma masalahnya disini, bpjsnya minta bukti kalau memang sudah benar2 dilaporkan ke disnakernya, takutnya tulisan tembusan yang dibawah surat hanya sekedar tulisan aja, gak dilaporkan sama kantor

  87. anita says:

    Mas klaw habis kontrak kerja apakah harus mengurus surat keterangan berhenti bekerja yang d laporkan ke disnaker untuk mencairkan jamsostek..???

  88. Yuliani says:

    Mas maaf saya mau tanya.. saya kan kerja di depok asli di tegal.. saya mau nyairin bpjs di tegal lalu persyaratan yg kurang cuma surat berhenti yg dilaporan ke disnaker.. tapi perusahaan yg didepok saya bilg dia akan mengirim data tersebut lewat email bpjs tegal.. saya di minta alamat email PIC bpjs tegall.. tapi mreka ga ngasih alamat emailnya .. gmna dong

  89. nana says:

    Mas, mau nanya, punya surat paklaring dan pengunduran diri dari PT A (resign Juni 2017), dibulan yg sama saya pindah ke PT. B, tapi cuma 3 bulan (tidak lolos masa percobaan) dan hrd PT. B tidak mau memberikan surat paklaring dan pengunduran diri ke saya karena saya tidak lulus percobaan (masih dianggap belum karyawan).

    Apakah saya bisa klaim jamsostek dengan surat paklaring dan pengunduran diri dari PT. A saja, kantor saya sebelumnya tanpa surat keterangan dari PT B?

  90. yo says:

    Mas saya mau tanya, saya kerja di Jakarta, surat tembusannya juga buat disnaker jakut, trus klo itu sudah selesai nanti apakah pencairan bpjstknya juga hrus di Jakarta, apa bisa di mna aja,
    Sedangkan domisili ktp saya di Lampung, apakah bisa nanti saya cairin di lmpung, terimakasih

  91. harri putra says:

    malam mas.
    saya mau tanya.
    saya kan dapat 3 lembar kertas dari pt tmpat saya bekerja kemari.
    1. Biaya penyelesaian phk
    2. Surat keterangan kerja
    3. Surat pemberitahuan (phk)
    yg mau saya tanyakan. Bisa kah saya mencairkan bpjs saya dengan surat2 yg saya terima dari perusahaan kemarin..???

  92. herlina oktavia says:

    permisi mas saya mau tanya, jika e-ktp nya masih resi apakah bisa mencairkan bpjs?

  93. Aljun says:

    Mas kalaw habis kontrak, Untuk surat berhenti kerjanya dr pihak hrd dikasih yg foto copy,
    Dri pihak hrd bilank biasanya dikasih yg foto copy untuk yg habis kontrak,
    apakah itu bisa mas?

  94. Ikhwan priyana says:

    Mas mau tanya, saya kan resign dari perusahaan tapi cuma dapat surat pklaring doang, gk dapet surat ket berhenti kerja ke disnaker, apakah bisa di buat sendiri ke disnaker nya ? Yg surat ket disnaker itu utk klaim bpjs

  95. zulfi says:

    mas mau tanya, kan saya pernah bekerja sebelumnya dan pernah berhenti. nah setelah itu saya kerja lagi. yang mau saya tanyakan mas, nanti untuk mencairkan dana jht nya, apa perlu melampirkan surat keterangan bekerja dari kedua tempat saya pernah bekerja tsb? terima kasih mas.

  96. tomy says:

    Mas sy sudah hbs kontrak Agustus 2017, kalau mau nyairin BPJS harus ada disnakernya?

  97. Yunita says:

    Mas mau tnya klo bagian kerja d paklaring dan di surat didnaker ny beda boleh ga .bagian kerja paklaring qc tp di bagian kerja disnaker computer itu bisa ga

  98. Ekha sha says:

    Kalo paklaring sama surat berhenti sama apa beda ?? Sya cuman ada paklaring bisa langsung ke disnaker ?

  99. solu says:

    Mas,saya berhenti kerja di perusahaan,tapi saya tidak ada bukti sudah berhenti,bagaimana bpjs saya itu bisa diurus lagi

  100. gia says:

    Mas Ardi saya mau nanya.. saya punya 2 kartu bpjs yang masih aktif. no yg pertama saat status masih outsors di PT A Jakpus. kemudian diangkat permanen oleh kantor yang sekarang PT B Jaktim. Saya mau melakukan penggabungan saldo hanya syarat nya harus di non aktifkan dulu 1 kartu nya. masalahnya kantor PT A sudah tutup dan tidak memberikan paklaring. pertanyaan saya apakah bisa perusahaan saya yg sekarang PT B yg mengeluarkan surat pernyataan bahwa saya karyawan outsource PT A yang di tempatkan di PT B. Apakah perlu meminta cap dan sign dari disnaker? jika ya disnaker PT A atau PT B?

  101. elis says:

    maaf mas… mw nnya… saya kan pny kartu bpjs dr beberapa pt… apakah semua pt itu hrs pnya surat pengantar dr disnaker? apa cuma pt yg terkahir aja?

  102. Saeful mulyadi says:

    mas ardy saya mau tanya kelengkapan’a sudah saya lengkapi untuk mencairkan BPJS hanya persyaratan untuk mendapatkan dari disnaker pa ja yach mas.terima kasih

  103. Laelatul Arofah says:

    mas mau tanya ,kalau kartu BPJS nya hilang gimana cara cairkan bpjs?

  104. Laelatul Arofah says:

    cara cairkan bpjs bagaimana ,tapi kartunya hilang

  105. Annsayus says:

    mas mau tanya dong, penting banget ini. Saya sudah minta surat keterangan pemutusan kerja ke perusahaan saya, tapi sampai detik ini pun ga dikasih. Apa bisa kita bikin surat keterangan sendiri tapi tanpa ttd, stempel cap dari perusahaan kerja kita ? Untuk klaim bpjs Saya. Tolong info dong mas.

Tinggalkan Komentar