Berkeliling menikmati kuliner Solo yang enak

Berkeliling menikmati kuliner Solo yang enak

Bulan lalu, saat saya sedang pulang kampung, saya menyempatkan untuk berburu kuliner solo yang enak-enak. Setelah mencari-cari referensi, akhirnya saya menemukan beberapa tempat makan enak di solo yang menjadi rekomendasi banyak orang. Tapi setelah mencoba,ternyata tidak semua  tempat sesuai dengan ekspektasi. Karena demi kebaikan bersama, tempat yang kurang enak tidak saya ulas disini.

I. SOTO

Untuk makanan jenis soto, di kota Solo bisa dibilang ada dua tempat yang paling terkenal, yaitu Soto Gading dan Soto Seger. Kedua tempat ini pasti selalu rame dikunjungi. Saya sendiri mencoba keduanya dan rasanya tidak mengecewakan, sesuai dengan ekspektasi saya. Soto Gading sendiri berlokasi di Jalan Brigjen Sudiarto Solo dekat dengan alun-alun selatan. Sedangkan Soto Seger sediri sudah ada banyak cabangnya, silahkan cek di google maps.

II. SATE   KAMBING

Untuk kuliner Solo jenis sate, bisa dibilang makanan jenis ini bisa ditemukan hampir di setiap suduk kota, tapi ada beberapa tempat yang terkenal dan direkomendasikan oleh banyak orang :

Sate Buntel Mbok Galak

Tidak seperti sate biasa, sate buntel ini merupakan sate kambing yang dagingnya di cincang kemudian dibungkus dengan lemak daging. Lokasi di Jalan Mangun Sarkoro Solo

Sate Kambing Tambak Segaran

Sate kambing tambak segaran berlokasi di timur pasar legi Solo. Di tempat ini juga kita bisa menemukan sate buntel dan sate kambing biasa.

III.  Kuliner Solo Lainnya :

1. Timlo Sastro

Timlo bisa dibilang makanan yang mirip dengan sop, hanya saja isinya berbeda. Salah satu yang menjual timlo enak di Solo adalah Timlo Sastro. Di tempat ini meskipun warungnya terlihat biasa, tapi  selalu ramai pengunjung dan jangan salah kalau datang pas jam makan sudah pasti gak akan dapat tempat duduk. Jika ingin mencoba timlo ini sebaiknya datang di pagi hari, karena rasanya lebih mantab. Lokasi Timlo Sastro berada di sebelah timur Pasar Gede Solo.

2. Es Dawet Bu Dermi Pasar Gede

Di dekat Timlo Sastro, tepatnya di pasar Gede, kita bisa menemukan kuliner solo lainnya yang nikmat yaitu Es Dawet Bu Dermi Pasar Gede. Tempat ini sudah dikenal dan menjadi langganan banyak orang bahkan Jokowi juga sering menikmatai minuman segar ini.

3. Garang Asem

Salah satu makanan yang saya rekomendasikan untuk dicoba ketika di Solo adalah Garang Asem. Garang asem merupakan olahan ayam dengan kuah santan biasanya terasa asam dan pedas.  Saya sih memang belum menemukan warung makan yang secara khusus menjual garang asem ini, tapi makanan ini biasanya dijual di pasar-pasar ataupun warung makan umum yang ada di Solo, jadi silahkan hunting.

4. Serabi Notosuman

Serabi notosuman bisa dibilang serabi paling enak di Solo dan sudah menjadi salah satu kuliner Solo yang wajib dibawa sebagai oleh-oleh. Untuk info saja, serabi notosuman ini ada dua produsen walaupun dulunya hanya satu (masih saudara) Serabi Notosuman Warna Hijau dan Serabi Notosuman Warna Oranye. Secara umum kedua serabi ini rasanya hampir sama tapi silahkan mencoba kedua-duanya karena jika sudah langganan membeli pasti bisa membedakan rasanya, lokasi tokonya juga berdekatan.

Cukup ini dulu review wisata kuliner Solo, nanti kalau ada kesempatan jalan ke Solo lagi akan diupdate.

Tinggalkan Komentar