7 Hal yang tubuh sering lakukan tapi kita sering tidak sadar manfaatnya

7 Hal yang tubuh sering lakukan tapi kita sering tidak sadar  manfaatnya

Sistem tubuh manusia merupakan salah satu sistem yang paling rumit  tersusun dari berbagai sel yang kadang kala sulit untuk dipahami tujuannya.  Dari sekian banyak hal yang tubuh manusia lakukan, ada 7 hal sederhana yang sering tubuh lakukan tapi kita tidak sadar  manfaatnya.

bersin

1. Bersin

Aktivitas bersin biasanya terjadi jika kita berada di lingkungan yang berdebu ataupun sedang sakit flue. Bersin sendiri sebenarnya berfungsi untuk membuang “sampah” dari tubuh manusia yang masuk melewati saluran pernafasan. Sampah disini bisa berupa material yang menyebabkan alergi, bakteri, debu ataupun yang lain yang bisa menggangu.

2. Cegukan

Orang tua kita selalu mengajarkan, jika cegukan segera minum air putih atau dengan memberi kejutan supaya cegukanya hilang, meskipun cara ini belum pasti kebenarnya. Sebenarnya apa yang menyebabkan cegukan terjadi? Cegukan biasanya terjadi ketika kita memakan makanan terlalu cepat / menelan makanan dalam jumlah besar sehingga menyebabkan iritasi pada saraf pneumogastric. Saraf ini memiliki hubungan dengan diafragma dan perut yang mengakibatkan munculnya cegukan.

3. Menguap

Menguap biasanya terjadi ketika kita sedang mengantuk, tapi ternyata menguap memiliki fungsi bagi tubuh yaitu untuk mendinginkan otak kita setelah overheated ataupun overloaded.

4. Kerutan pada kulit tangan

Jika kita sedang mengendari motor/sepeda saat hujan, jari tangan kita biasanya mengalami kerutan. Kerutan di tangan seperti ini bisa terjadi dibanyak kondisi yang berbeda namun pada dasarnya kerutan terjadi karena adaptasi secara otomatis bagian tubuh ketika menghadapi sebuah kondisi lingkungan yang dianggapnya licin. Dengan munculnya kerutan ini supaya tangan mampu untuk mencengkram dengan mudah.

5. Merinding

Merinding identik dikondisikan ketika kita takut / bertemu dengan hantu. Padahal kondisi merinding ini pada dasarnya bertujuan untuk mengurangi hilangnya panas tubuh melalui pori-pori, sehingga suhu tubuh dapat terjaga di kondisi cuaca yg tidak ramah.

6. Menangis

Menangin selalu identik dengan kondisi perasaan yang sedih. Hal ini memang benar karena air mata dianggap sebagai sebuah instrumen untuk emotional defense, dalam artian bahwa ketika sedih/stress , tubuh menciptakan sebuah sistem untuk mengalihkan perhatian kita terhadap kesedihan.

Namun, menangis (mengeluarkan air mata) juga memiliki peran lain yaitu untuk melindungi mata dari material yang tidak diinginkan.

7. Hilang ingatan

Hilang ingatan disini bukan dalam artian karena kerusakan jaringan otak, tapi hilang ingatan karena sebuah kejadian mengerikan. Otak secara sistematis akan menghapus ingatan yang dianggapnya sangat mengerikan dan membuat seseorang syok.

 

 

Tinggalkan Komentar