11 Gambar ilusi optik yang akan membuat bingung penglihatan kita

11 Gambar ilusi optik yang akan membuat bingung penglihatan kita

Ilusi optik atau ilusi penglihatan merupakan sebuah fenomena perbedaan persepsi antara gambar yang dilihat dengan gambar yang sesungguhnya.  Hal ini terjadi karena adanya perbedaan pengolah informasi di otak dan penglihatan.

Berikut ini ada 11 gambar ilusi optik yang akan membuat bingung penglihatan kita.

1. Ilusi Optik Blivet

Ilusi optik ini merupakan sebuah bentuk ilusi geometri yang sebenarnya bentuk aslinya tidak ada karena secara bentuk memang tidak sesuai.

2. Ilusi Optik Hermann Grid

Gambar ilusi ini ditemukan oleh Ludimar Hermann tahun 1870 lalu dimana saat melihat gambar ini, kita akan melihat titik hitam pada bagian putih dipojok kotak hitam yang sebenarnya titik hitam tersebut tidak ada.

3. Ilusi Optik Jastrow

Gambar ilusi ini diperkenalkan oleh Joseph Jastrow.

4. Ilusi Optik Kanizsa

Dalam gambar ilusi optik dibawah ini, kita akan melihat sebuah segitiga berwarna putih padahal sebenarnya tidak ada gambar segita tersebut.  Munculnya gambar segitiga tersebut karena hasil bentuk tiga lingkarang dan tiga garis. Nama ilusi optik Kanizsa berasal dari psychologist Gaetano Kanizsa.

5. Ilusi Optik Motion

Jika melihat gambar di bawah ini, ita akan melihat gambar bergerak yang sebenarnya tidak. Ilusi optik yang terjadi karena efek dari warna kontras dan bentuk yang dibuat pada lingkaran-lingkaran dalam gambar ini.

6. Ilusi Optik Persepsi

Gambar di bawah ini menunjukkan sebuah ilusi optik yang menunjukkan persepsi kita terhadap sebuah benda. Kedua lingkaran yang berada di tengah sebenarnya ukurannya sama tapi karena dikelilingi lingkarang yang ukurannya beda, membuat lingkaran di tengah terlihat berbeda ukuran.

Sebuah benda yang dikelilingi oleh benda / bentuk yang lebih besar akan terlihat lebih kecil, sedangkan benda yang dikelilingi oleh benda yang lebih kecil akan terlihat lebih besar. Ilusi optik ini diperkenalkan oleh Hermann Ebbinghaus seorang psikologist asal Jerman

 

7. Ilusi Optik Rotating Effect

Dua lingkaran pada gambar di bawah ini akan bergerak berputar ketika kita melihat titik hitam di tengah lingkaran kemudian kepala kita bergerak ke depan dan ke belakang.

8. Ilusi Opting Rotating Wheels

Gambar ilusi optik di bawah ini akan terlihat berputar ketika kita  melihat ke semua gambar lingkaran.  Tapi jika kita fokus pada satu gambar lingkaran, gambar lingkaran yang kita lihat akan diam.

9. Ilusi Optik Wall Cafe

Jika kita melihat secara sekilah gambar di bawah ini, akan terlihat seolah-olah garis yang terlihat melengkung padahal sebenarnya tidak.

10. Ilusi Optik White Black

Gambar ilusi optik di bawah ini hampir mirip dengan ilusi optik persepsi, perbedaanya pada gambar di bawah ini persepsi terhadap warna. Kedua warna abu-abu di A dan B sebenarnya warnanya sama tapi terlihat berbeda. Warna abu-abu di A terlihat lebih gelap sedangkan di B terlihat lebih terang. Hal ini disebabkan oleh lingkung yang mempengaruhi. Warna abu-abu di A terlihat lebih gelap karena berada di lingkungan yang lebih terang (putih) , sedangkan di B abu-abu terlihat lebih terang karena berada di lingkungan gelap (hitam).

 

11. Ilusi Optik Spiral

Gambar ilusi optik terakhir di atas terlihat sebuah gambar lingkaran spiral yang mengecil ke dalam, padahal sebenarnya gambar diatas merupakan kumpulan gambar lingkaran bukan spiral. Selain gambar-gambar ini, masih banyak ilusi optik lainnya yang bisa membuat bingung penglihatan kita.

Tinggalkan Komentar