10 Hal yang harus kamu hentikan supaya hidup lebih baik

10 Hal yang harus kamu hentikan supaya hidup lebih baik

Ada sebuaah artikel menarik dari Marc dan Angel yang menulis “30 things to stop doing to yourself”. Di dalam artikel tersebut berisikan 30 hal yang mulai sekarang harus kita hentikan lakukan supaya hidup lebih baik. Tapi dari 30 hal tersebut, 10 hal yang benar-benar harus kita lakukan, apa saja :

better life

  1. Berhenti menghindari masalah. Masalah tidak akan pernah selesai jika kita selalu menghindarinya, bahkan dengan menghindari masalah, malah akan menambah masalah baru. Menghadapi adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut, meskipun bukan hal yang mudah.
  2. Berhenti berbohong kepada diri sendiri. Dalam hidup kita pasti sering berbohong kepada orang lain, tapi kita suka tidak sadar, sering berbohong kepada diri sendiri karena berbagai hal. Padahal, berbohong kepada diri sendiri akan membuat kita menanggung banyak beban. Jadi mulailah jujur pada diri sendiri tentang apa yang kita inginkan.
  3. Berhenti berusaha menjadi orang lain. Salah satu tantangan terbesar dalam hidup ini adalah menjadi diri sendiri  di dunia yang membuat kita menjadi orang lain. Akan selalu ada orang lain yang lebih hebat dari kita , jadi kita tidak perlu jadi mereka tapi jadilah diri sendiri yang selalu melakukan hal terbaik.
  4. Berhenti berada di masa lalu. Kita tidak akan bisa memulai hal baru ketika kita masih berada di masa lalu. jadi mulailah untuk move on dan let go masa lalu.
  5. Berhenti takut untuk berbuat salah. Melakukan sesuatu dan salah sebenarnya hal yang wajar terjadi. Keberhasilan selalu melalui jalan yang berliku dan dari kegagalan. Jadi jagan berhenti melakukan sesuatu hal, hanya karena kita takut berbuat salah.
  6. Berhenti menyimpan dendam. Di sakiti orang lain memang sangat menyakitkan tapi terus-terusan menyimpan dendam hanya akan membuat hidup semakin terbebani dan menyakiti diri sendiri. Memaafkan adalah cara terbaik untuk melepaskan semua beban dan akan membuat hidup lebih damai.
  7. Berhenti mengejar kesempurnaan. Kita harus sadar bahwa kita hidup di dunia yang tidak sempurna jadi jangan mengejar kesempurnaan karena tidak akan pernah ada.
  8. Berhentilah menyalahkan orang lain.  Hal yang paling sering kita lakukan, baik sadar ataupun tidak adalah menyalahkan orang lain. Kita harus mulai belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri sendir, karena apa yang terjadi di dalam hidup kita adalah tanggung jawab kita, bukan orang lain.
  9. Berhenti untuk mengkhawatirkan segala hal. Di dalam hidup, kita memang tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dan hal inilah yang membuat kita selalu khawatir. Tapi, kita perlu sadar bahwa everything is going to be ok, jika kita selalu menghadapi dengan optimis.
  10. Berhenti untuk tidak bersyukur.  Hal yang sering kita lupakan dalam hidup ini adalah bersyukur terhadap nikmat hidup. Kita selalu saja merasa kurang atas apa yang kita dapatkan padahal jika kita mau berpikir sejenak tentang hidup ini, bisa bernafas dengan bebas saja merupakan anugerah yang sangat luar biasa.

Tinggalkan Komentar